Galbay Pinjol Ilegal, Selain Dikejar DC Kasar Ini Risiko yang Lebih Buruk!

Galbay Pinjol Ilegal, Selain Dikejar DC Kasar Ini Risiko yang Lebih Buruk!

Galbay Pinjol Ilegal, Selain Dikejar DC kasar Ini Risiko yang Lebih Buruk!-Unsplash-unsplash

1. Dikejar debt collector (DC) kasar

Perusahaan pinjol memiliki prosedur yang ketat untuk menangani nasabah yang tidak membayar pinjaman. Saat awal proses penagihan, kamu akan menerima pesan singkat, email, atau telepon sebagai pengingat.

Namun, jika kamu tetap tidak membayar, tim penagihan akan datang langsung ke rumahmu atau menghubungi kontak terdekatmu.

Tak jarang pinjol ilegal menggunakan cara-cara yang tidak nyaman seperti mengerahkan DC kasar. Baik secara omongan maupun tindakan. Tak jarang para DC menyebar teror ke orang-orang terdekat hingga tempat kerja.

Tentu saja, kedatangan debt collector ini bisa sangat mengganggu dan membuat hidupmu tidak tenang. Oleh karena itu, penting untuk menghindari situasi ini dengan membayar pinjamanmu tepat waktu atau mencari solusi alternatif jika mengalami kesulitan keuangan.

2. Denda dan beban bunga bertambah

Risiko lain yang harus kamu pertimbangkan adalah meningkatnya jumlah utangmu karena harus membayar denda keterlambatan dan bunga yang semakin besar. Jika kamu terus tidak membayar, denda akan terus bertambah, dan ini akan semakin membebani keuanganmu.

Untungnya, ada cara untuk mengatasi masalah ini. Saat kamu kesulitan melunasi pinjaman, cobalah untuk bernegosiasi dengan perusahaan pinjol.

Kamu bisa meminta keringanan bunga atau memperpanjang tenor pinjaman. Dengan begitu, cicilan bulananmu akan lebih terjangkau dan memungkinkanmu untuk melunasi utangmu.

3. Keamanan data terancam

Salah satu resiko ketika menggunakan layanan pinjol ilegal atau tidak resmi yakni keamanan data dan privasi kamu terancam.

Hal tersebut karena pinjol ilegal umumnya akan meminta data pribadi kamu seperti KTP, nomor rekening, nomor telepon, dan informasi pribadi lainnya.

Namun, hal tersebut tanpa  perlindungan yang memadai. Jadi, data kamu bisa saja disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak seharusnya.

BACA JUGA:Ini Aplikasi Pinjol Resmi OJK yang Langsung Cair ke DANA, Limit Puluhan Juta dan Menawarkan Bunga Rendah

BACA JUGA:4 Cara Mudah Mengajukan Pinjol di Aplikasi Neo Bank, Dijamin Cepat Cair dan Bunga 0,2%

Jadi, ingatlah bahwa pinjol legal harus dibayar, dan tidak membayar pinjamanmu dapat berdampak serius pada keuangan dan reputasimu.

Lebih baik berpikir matang sebelum mengambil pinjaman online dan selalu prioritaskan kewajiban finansialmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: