Tahun Politik, Disdukcapil Kabupaten Tegal Percepat Selesaikan Target Perekaman KTP-el

Tahun Politik, Disdukcapil Kabupaten Tegal Percepat Selesaikan Target Perekaman KTP-el

Kabid Dafduk Dinas Dukcapil mencermati prosesntase percepatan KTP-el.-Hermas Purwadi-jateng.disway.id

SLAWI. DISWAY JATENG  - Memasuki tahun politik, upaya percepatan  target perekaman KTP-el untuk usia wajib KTP-el terus dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tegal. Pada tahun ini dari target perekaman wajib KTP-el sejumlah 1.200.000, sudah berhasil dirampungkan sebanyak 98 persen.

Kepala Dinas Dikcapil Tri Guntoro, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk (Dafduk), Sodik menyatakan, untuk program wajib KTP-el  dengan bidikan pelajar SMK dan SMA di Kabupaten Tegal sudah berhasil diselesaikan.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Rekomendasi Laptop Murah dengan Spesifikasi Terbaik 2023 

"Saat ini tinggal tersisa sekitar 7.000 usia wajib KTP-el yang belum melakukan perekaman. Mereka tercantum usia wajib KTP-el  di kartu keluarga, namun yang bersangkutan tidak sekolah," paparnya Senin, 18 September 2023.

Dijeklaskan, pihaknyai akan tetap melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah desa, agar bisa mengakomodir data  wajib KTP-el yang tidak sekolah.

BACA JUGA:Hanya 3 Menit Nonton Video Bisa Hasilkan Rp15 Ribu, Ini Aplikasi Penghasil Uang yang Terbukti Membayar!

Sementara itu untuk program IKD  (Indentitas Kependudukan Digital) ada penurunan target di tingkat nasional,  yang  sebelumnya dipatok 25 persen saat ini diturunkan menjadi 15 persen. 

BACA JUGA:5 Aplikasi Penghasil Saldo Dana Tercepat dan Terbaik 2023 Penasaran? Bisa Anda Coba

"Untuk Kabupaten Tegal sendiri hingga saat ini untuk program IKD baru mencapai 2,5 persen. Hal ini dipicu motivasi maupun respon masyarakat masih sangat kurang," cetusnya.

Dipaparkan, terhitung sejak sepekan terakhir untuk layanan cetak KTP-el di kantor pusat, pihaknya layani dulu untuk program IKD-nya. Hal itu termasuk pada pengurusan akte kelahiran dan lainnya, pihaknya wajibkan pemohon untuk mengikuti program IKD dulu khususnya pada pemohon yang hari itu membawa ponsel android.

Untuk percepatan target program IKD, pihaknya juga akan menempuh langkah jemput bola mengingat hingga saat ini  kesadaran OPD jug amasih rendah untuk mengikuti progam tersebut. 

BACA JUGA:Unduh dan Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp100 Ribu, Cuma Nonton Video 15 Detik!

"Khusus menghadapi pesta demokrasi pemilu, kami akan hadir melakukan upaya jemput bola bila ada permintaan perekaman di tingkat desa, dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Hal ini mengingat dukungan peralatan sudah ada meskipun belum terpenuhi secara keseluruhan," ujarnya.

Ditambahkan, termasuk menghadapi pilkades serentak, seperti saat ini. Rumah patent kecamatan banyak yang sudah merampungkan perekaman dan siap cetak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id