SMK Negeri 3 Kota Tegal Wujudkan Karakter Siswa Menjadi Ajang PKWB

SMK Negeri 3 Kota Tegal Wujudkan Karakter Siswa Menjadi Ajang PKWB

PENDIDIKAN KARAKTER - Siswa diberikan pendidikan karakter wujud dari PKWB. Foto : Meiwan Dani R --

DISWAYJATENG, TEGAL - SMK Negeri 3 Kota Tegal mengadakan Pendidikan Karakter dan Wawasan Kebangsaan (PKWB)  selama tiga hari yang dilaksanakan oleh siswa kelas X. Pendidikan karakter diberikan  sebagai usaha menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik (habituation). Sehingga peserta didik mampu bersikap dan bertindak bersandarkan nilai-nilai yang telah menjadi kepribadiannya. 

"Pendidikan karakter harus selalu diajarkan, dijadikan kebiasaan, dilatih secara konsisten dan kemudian barulah menjadi karakter," kata Kepala SMK Negeri 3 Kota Tegal Sri Indrawati.

Indra berpesan agar guru juga bisa memberikan contoh atau tauladan yang baik dalam segala hal. Untuk pesan moral kepada siswa yang dapat memberikan inspirasi bagi siswa. Karena hakekatnya karakter harus dibentuk sebagai ciri bangsa Indonesia. 

"Sehingga bisa diterima di penjuru dunia manapun, karena karakter yang baik akan terbentuk dari lingkungan yang baik. Apalagi kita bangsa yang senantiasa menjunjung tinggi adat ketimuran," ujarnya.

Siswa juga dilatih baris berbaris sebagai bekal dalam mengelola kedisiplinan dan tata aturan yang ada. 

"Hal inilah ciri sekolaj yang selalu kami lihat dari kakak - kakak kelas, sejak kami di bangku SMP dan salah satu hal yang mendorong kami mendaftar di SMK N 3 Tegal," ujar Eva salah satu siswa kelas X.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id