7 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Asam Lambung

7 Manfaat Air Rebusan Daun Kemangi untuk Kesehatan, Bisa Bantu Turunkan Asam Lambung

Daun kemangi--

DISWAY JATENG - Daun kemangi dengan nama ilmiahnya Ocimum basilicum merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk tambahan olahan makanan. Namun, selain digunakan sebagai bahan masakan atau lalapan, daun kemangi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Salah satu cara untuk memanfaatkan daun kemangi adalah dengan membuat air rebusan daun kemangi. Daun kemangi dan air rebusannya memiliki kandungan berupa seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin.

Air rebusan daun kemangi memiliki rasa segar dan aroma yang khas, yang membuatnya menjadi bahan favorit untuk dikonsumsi sebagai minuman herbal.

Berikut beberapa manfaat dari air rebusan daun kemangi adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Kadar Asam Lambung

Daun kemangi dapat menurunkan kadar asam lambung dan melepas lapisan lendir yang dapat melindungi dinding lambung. Memiliki kandungan eugenol di daun kemangi bisa menjadi anti-inflamasi juga di pencernaan serta dapat mengembalikan kadar pH tubuh.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Daun Kemangi Yang Jarang Orang Ketahui, Berikut 8 Contoh Olahan Daun Kemangi!

2.  Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan yang ada di daun kemangi seperti vitamin A dan antioksidan baik untuk menjaga kesehatan mata. Apabila kamu rutin mengonsumsi air rebusan daun kemangi secara teratur, dapat membantu mencegah kerusakan pada mata dan menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Memiliki kandungan berupa senyawa eugenol yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran pencernaan dan mencegah terjadinya infeksi bakteri. Karena itu, dengan mengonsumsi daun kemangi atau air rebusannya dapat menyehatkan saluran pencernaan.

3. Merawat dan Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi mengandung senyawa asam kafeat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta mencegah terjadinya penyakit jantung.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Daun kemangi mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Selain itu, air rebusan daun kemangi juga dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mencegah terjadinya jerawat loh.

BACA JUGA: Inilah 6 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan, Jangan Heran!

5. Menyegarkan Napas

Demikian pula, daun kemangi mengandung senyawa antibakteri dan antijamur yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan mencegah bau napas yang tidak sedap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: