Roadshow Tuntas, 297 Kampung KB di Brebes Segera Dikukuhkan

Roadshow Tuntas, 297 Kampung KB di Brebes Segera Dikukuhkan

Kepala DP3KB Brebes dan Kabid Dalduk Penyuluhan dan Penggerakan menggelar paparan Kampung KB.-Syamsul Falak-jateng.disway.id

BREBES, DISWAY JATENG - Setelah menggelar roadshow selama Bulan Agustus 2023, pembentukan 297 Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Kabupaten BREBES segera terwujud. Bahkan, pengukuhan Kampung KB tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) dari 292 kepala desa dan 5 lurah. 

Targetnya, pada pertengahan September mendatang kepengurusan Kampung KB di semua desa dan kelurahan terbentuk.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes Akhmad Ma'mun menyampaikan, pembentukan Kampung KB menjadi tanggung jawab tim koordinasi melibatkan pemerintah desa dan kecamatan. 

BACA JUGA:Cara Cek Penerima Bansos PKH Lewat HP dan Besaran Bantuan yang Diterima

Fokusnya, menjalankan tugas pokok dan fungsi koordinasi, pemanduan, sinkronisasi kebijakan dan implementasi pembangunan keluarga.

"Tujuan terbentuknya Kampung Keluarga Berkualitas, meningkatkan kesejahteraan keluarga yang holistik dan integratif sesuai siklus hidup. Selain itu, meningkatkan akses dan kualitas penyelenggaraan layanan dasar, meningkatkan advokasi perubahan perilaku sosial dan kesehatan. Terakhir, memperkuat basis data keluarga dan sistem informasi keluarga," ujarnya.

BACA JUGA:Ini Kabar Gembira Di Bulan Juli 2023! Simak Baik-Baik Bagi Penerima Bansos PKH dan BPNT

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan Kambali menambahkan, hingga semester 1 Tahun ini (2023-red) total Kampung KB yang saat ini sudah terbentuk terbagi empat tingkatan. Yakni, 11 dasar, 22 berkembang, 4 mandiri 12 berkelanjutan. Sehingga, dengan terbentuknya keterwakilan dari setiap desa dan kelurahan pada 17 kecamatan.

BACA JUGA:Ini 8 Cara Untuk Mendaftar Bansos 2023 Secara Online, Praktis Hanya Lewat Hp!

"Jika semua SK kepengurusan Kampung KB sudah terbentuk, rencananya launching tingkat kabupaten dilakukan pada awal November mendatang," tandasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id