CATAT! 13.111 Pencari Kerja di Kabupaten Brenbes Butuh Pekerjaan, Mayoritas Perempuan

CATAT!  13.111 Pencari Kerja di Kabupaten Brenbes Butuh Pekerjaan, Mayoritas Perempuan

Kepala Dinperinaker Brebes Warsito Eko Putro menyampaikan data jumlah pencari kerja. -Eko Fidiyanto-jateng.disway.id

BREBES, DISWAY JATENG  - Dalam kurun waktu setengah tahun atau periode Januari-Juni 2023, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) BREBES mencatat ada 13.111 para pencari kerja (Pencaker). 

Kebanyakan warga yang mencari pekerjaan dari catatan pembuatan kartu AK-1 atau kartu kuning adalah perempuan.

BACA JUGA:10 Aplikasi Pinjol Terpercaya di Playstore ataupun AppStore, Solusi Dana Darurat

Kepala Dinperinaker Brebes Warsito Eko Putro mengatakan, dari angka 13.111 itu merupakan pencari kerja di periode Januari hingga Juni 2023. Mereka mencari pekerjaan  paling banyak ada pada bulan Mei lalu atau setelah libur Lebaran Idul Fitri. 

"Kalau di rata-rata setiap bulannya itu hampir 1.000 warga yang mencari pekerjaan di catatan kami. Itu, terlihat dari data dari pemohon kartu pencari kerja atau AK-1," katanya.

BACA JUGA:PinjamDuit Pinjol Resmi OJK Bunga Rendah Modal KTP, Cair Hingga Rp 10 Juta Dalam 5 Menit

Eko menyebutkan, dari 13.111 pencaker itu, perempuan paling mendominasi, yakni, 7.170 orang, sedangkan pria ada 5.941 orang. Ada delapan perusahaan yang ada di Brebes yang membutuhkan tenaga kerja untuk periode Juli-Desember 2023 nanti. 

Kebutuhan tenaga kerja ini sebanyak 7.997 orang, dan paling banyak pabrik membutuhkan tenaga kerja perempuan.

BACA JUGA:Pinjol Shopee Pinjam Tawarkan Rp12 Juta Tanpa Agunan, Cair Dalam 5 Menit

"Data dari kami, hingga Desember mendatang total ada delapan pabrik yang bakal merekrut tenaga kerja dengan jumlah keseluruhan mencapai 7.997 orang," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kebanyakan orang yang membuat kartu pencari kerja selain untuk mendaftar di pabrik yang ada di Brebes juga mereka untuk melamar di luar daerah, seperti di Jawa Barat dan Jakarta.BACA JUGA:Pinjol Permata Tawarkan Limit Hingga Rp300 Juta Tanpa Agunan, Syarat Mudah dan Cair Hanya 1 Hari

"Banyak dari mereka yang membuat kartu pencari kerja, selain untuk melamar kerja di Brebes ada juga yang untuk melamar kerja di Jakarta, Cikarang, Bekasi dan lainnya," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id