8 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan, No 3 Baik Bagi Kanker

8 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan, No 3 Baik Bagi Kanker

8 Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan, No 3 Baik Bagi Kanker-disway jateng-

Buah kesemek juga punya sifat antiradang untuk menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes, dimana efek ini bersumber dari kandungan vitamin C.

Sedangkan senyawa tersebut membantu melindungi sel dari kerusakan karena radikal bebas.

BACA JUGA:Ini Dia Kandungan Nutrisi dan 9 Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan

Bisa Mencegah Diabetes Melitus

Sedangkan menurut jurnal Persimmon (Diospyros kaki) fruit: hidden phytochemicals and health claims pada EXCLI Journal, dimana buah kesemek mengandung molekul bioaktif yakni contohnya seperti proantosianidin, karotenoid, tanin, flavonoid, antosianidin dan katekin.

Karena berkat kandungan-kandungan itu, maka buah ini efektif mengurangi kerusakan oksidatif karena spesies oksigen reaktif (ROS). Buah kesemek terbukti efektif dalam meredakan gangguan terkait gaya hidup tidak sehat dan salah satunya diabetes mellitus.

Dapat Menurunkan Risiko Obesitas

Buah kesemek tinggi serat sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, dimana serat larut ini seperti yang ditemukan pada buah kesemek juga dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh.

Mampu Membantu Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Untuk khasiat ini berasal dari kalium di dalamnya, dimana nutrisi membantu mempertahankan keseimbangan air dengan mempengaruhi tekanan osmotik di dalam sel.

Bahkan dengan begitu sel dan jaringan di dalam tubuh tetap terhidrasi dengan optimal.

Dapat Mengurangi Peradangan

Untuk khasiat terakhir ini berasal dari senyawa antiinflamasi di dalam buah kesemek, bahkan selain itu buah ini juga merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik.

Hal tersebut karena nutrisi berperan dalam memerangi peradangan akibat paparan radikal bebas dalam tubuh kita.

Sedangkan ada beberapa cara untuk mengonsumsi buah kesemek, bahkan kamu bisa memotongnya menjadi beberapa irisan atau langsung memakannya seperti apel. Bahkan beberapa orang juga mengirisnya menjadi dua dan menyerok dagingnya dengan sendok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: