Top, Usaha Tahu Rumahan di Desa Sambeng Kabupaten Pemalang Tetap Bertahan

Top, Usaha Tahu Rumahan di Desa Sambeng Kabupaten Pemalang Tetap Bertahan

PRODUKSI - Tahu sedang diproduksi oleh warga di Desa Sambeng. Foto : Siti Maftukhah/Radar Pemalang --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Usaha tahu rumahan di Desa Sambeng, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang yang sudah ada sejak dulu hingga kini masih bertahan. Meskipun sempat jatuh bangun, namun jadi andalan dalam mendapatkan penghasilan. Usaha tersebut merupakan satu-satunya di Desa Sambeng sehingga berpeluang besar untuk berkembang. 

Umi Kulsum bersama suaminya Zaenudin, pembuat tahu di RT 1 RW 1 Desa Sambeng mengatakan, usaha tahu sudah lama dilakukan, sempat berhenti dan mulai lagi. 

"Hasilnya lumayan yang penting telaten, walaupun masih manual hanya penggiling kedelai yang pakai mesin giling," kata Zaenudin, Selasa (29/8).

Sebenarnya tahu sudah punya langganan, namun produksi belum bisa dalam jumlah banyak, karena keterbatasan modal dan tempat. Pelanggan biasanya datang ke tempat pengolahan, dan mengambil tahu setiap hari. 

"Dalam sekali produksi saat ini hanya 30 sampai 40 kilogram saja, akibat kendala tersebut," imbuhnya. 

Mereka berharap usaha tahu akan berkembang lebih pesat, dan terus diupayakan diminati oleh masyarakat. Apalagi tahu jadi kebutuhan pasar, sehingga terus berjalan produksinya asalkan bahan baku tercukupi. 

"Semoga ke depannya bisa makin maju, dan berkembang makin besar, untuk tingkatkan ekonomi keluarga," ujar Umi Kalsum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id