5 Sayuran Ini Aman Untuk Anda Penderita Asam Urat, Nomor 4 Sangat Mudah Didapatkan!

5 Sayuran Ini Aman Untuk Anda Penderita Asam Urat, Nomor 4 Sangat Mudah Didapatkan!

Sayuran yang aman untuk penderita asam urat--

DISWAYJATENG.ID - Asam urat adalah zat yang terbentuk ketika tubuh memecah senyawa yang disebut purin. Purin hadir dalam beberapa makanan  yang kita makan dan juga diproduksi oleh tubuh.

Setelah tubuh memecah purin, asam urat terbentuk dan sebagian besar dikeluarkan melalui  buang air kecil. Namun, terkadang tubuh tidak dapat membuang asam urat dengan baik sehingga menyebabkannya menumpuk di dalam darah dan berpotensi membentuk kristal yang menumpuk di sendi atau jaringan sehingga menyebabkan kondisi yang disebut “asam urat”.

Kondisi ini kerap menimbulkan nyeri, bengkak, dan peradangan pada persendian, terutama  sendi jari tangan, kaki, dan lutut.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Tingginya kadar asam urat  dalam tubuh dapat menyebabkan terbentuknya kristal pada persendian. Gejala  asam urat seringkali muncul secara tiba-tiba berupa rasa sakit yang tajam dan terkadang  sangat parah. Jika kadar asam urat  tinggi ini tidak ditangani, maka dapat terbentuk batu ginjal.

Jika Anda menderita asam urat, Anda perlu ekstra hati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Jika tidak, rasa sakit yang Anda rasakan bisa bertambah parah.

Mengonsumsi obat dan makanan merupakan langkah yang tepat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengatasi nyeri. Namun, penting untuk menjaga pola makan yang sehat  untuk meminimalkan kambuhnya asam urat dan mengurangi  keparahan  asam urat yang mungkin Anda alami.

Berikut  sayuran yang bisa dimakan oleh penderita asam urat:

1. Ubi jalar

Sayuran umbi-umbian seperti ubi jalar dan wortel mengandung  purin paling sedikit. Purin adalah suatu zat yang akan menghasilkan asam urat di dalam tubuh. Oleh karena itu, ubi dan wortel termasuk sayuran yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. 

2. Brokoli

Kandungan vitamin C pada sayuran hijau seperti brokoli juga dapat menurunkan kadar asam urat sehingga baik untuk kesehatan dan aman bagi penderita asam urat.

3. Kacang

Penderita asam urat seringkali disarankan untuk menjauhi protein hewani. Untuk menjaga kadar protein dalam tubuh, konsumsi kacang-kacangan bisa menjadi solusinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: