Ini Dia 8 Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Ini Dia 8 Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Ilustrasi Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan,--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Biji wijen banyak ditemui dalam makanan hanya sebagai garnish atau penambah tekstur.

Banyak orang yang menganggap sepele biji kecil ini, padahal, jenis biji-bijian ini mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan ia juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun.

Biji yang berasal dari tanaman Sesamum indicum ini kaya akan kalsium, protein, serat, dan zat penting lainnya bagi tubuh.

Manfaat biji ini pun tidak main-main, mulai dari mengontrol kolesterol sampai meningkatkan kekebalan tubuh. Tak heran jika biji ini sudah lama digunakan sebagai obat tradisional karena kandungan nutrisi dan manfaatnya.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 8 manfaat biji wijen untuk kesehatan:

1. Kaya Akan Nutrisi

Biji wijen mengandung berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat. Nutrisi tersebut meliputi kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, vitamin B1 (tiamin), vitamin E, dan selenium.

Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi, sementara magnesium dan fosfor berperan dalam berbagai proses metabolik tubuh.

Vitamin E dan selenium adalah antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Sumber Antioksidan

Biji wijen mengandung senyawa antioksidan, terutama lignan. Lignan adalah jenis fitokimia yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Senyawa ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini dan berbagai penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Dengan mengonsumsi biji wijen, Anda dapat mendapatkan manfaat perlindungan tambahan dari dampak buruk radikal bebas.

3. Menjaga Jantung

Biji wijen mengandung lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat.

Lemak tak jenuh tunggal telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kardiovaskular lainnya.

Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dalam diet Anda, seperti yang terkandung dalam biji wijen, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA:8 Daftar Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan, Turunkan Tekanan Darah Hingga Risiko Stroke

4. Menurunkan Kolesterol

Biji wijen juga kaya serat, terutama serat larut. Serat larut membantu mengikat kolesterol LDL dalam sistem pencernaan dan membuangnya dari tubuh.

Dengan demikian, mengonsumsi biji wijen atau produk yang mengandung biji wijen dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah.

Penurunan kadar kolesterol LDL ini penting untuk mengurangi risiko pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis) dan penyakit jantung.

5. Mendukung Pencernaan

Biji wijen mengandung serat yang bermanfaat bagi pencernaan Anda. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit.

Serat juga memberikan rasa kenyang yang lebih lama setelah makan, membantu mengendalikan nafsu makan, dan menjaga berat badan Anda dalam rentang yang sehat.

6. Kesehatan Tulang

Kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan magnesium dalam biji wijen mendukung kesehatan tulang Anda.

Kalsium dikenal penting untuk menjaga kepadatan tulang yang baik, sedangkan fosfor membantu membangun dan memelihara struktur tulang.

Magnesium juga berperan dalam kesehatan tulang serta berbagai proses metabolik dalam tubuh.

BACA JUGA:Hindari Begadang! 8 Manfaat Tidur Lebih Awal Bagi Kesehatan, Bikin Badan Segar Pas Bangun Pagi

7. Manfaat Hormonal

Biji wijen mengandung senyawa lignan, yang memiliki potensi untuk mendukung kesehatan hormonal. Lignan dapat berperan dalam mengatur produksi hormon dan mempengaruhi metabolisme hormon dalam tubuh.

Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa konsumsi lignan dalam biji wijen dapat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan hormon tertentu, terutama hormon estrogen.

8. Menyokong Sistem Kekebalan

Biji wijen mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.

Vitamin dan mineral ini, termasuk vitamin E dan selenium, memiliki peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

Sistem kekebalan yang kuat membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh tetap sehat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber