6 Langkah Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi dalam Usia Muda

6 Langkah Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi dalam Usia Muda

Ilustrasi makanan berkolesterol--by.wikimediacommons

DISWAY JATENG.ID - Betapa nikmat yang Luar biasa pada saat dikarunia kesehatan. Segala aktifitas kegiatan bisa kita jalani lain halnya sebaliknya tatkala sedang sakit.

Kolesterol tinggi pada usia muda bisa menjadi masalah yang serius yang memerlukan perhatian khusus. Salah satu faktor yang bisa mempengaruhi peningkatan Kolesterol pada usia muda yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Tapi ternyata, kolestrol tinggi ini bukan hanya disebabkan oleh makanan saja. 

Ada beberapa penyebab kolestrol tinggi diusia muda, salah satunya yaitu mengkonsumsi kopi yang berlebihan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk memperhatikan jumlah mengkonsumsi kopi setiap hari. Memang benar, kopi sama sekali tidak mengandung kolestrol. 

Akan tetapi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat ngopi yaitu, asupan kafein dari konsumsi kopi itu sendiri. Sebab kandungan kafein dalam kopi, bisa mempengaruhi produksi dan metabolisme kolesterol dalam tubuh. 

Sehingga mengkonsumsi kopi yang berlebihan, bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Bukan hanya itu, beberapa jenis kopi yang mengandung senyawa kawat yang bisa meningkatkan produksi kolesterol dalam tubuh. 

BACA JUGA:6 Faktor Risiko Kolesterol Tinggi Yang Perlu di Waspadai

BACA JUGA:Anda Sering Merasa Mengantuk? Berikut 9 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Di Waspadai!

Bila dikonsumsi secara berlebihan, kopi bisa berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung dan masalah kolesterol. Selain faktor konsumsi kopi, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi pada usia muda.

Kebiasaan makan yang tidak seimbang, terutama mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dan kolesterol, bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Kurangnya aktivitas fisik juga bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

Beberapa faktor lain yang bisa mempengaruhi kolesterol tinggi pada usia muda juga meliputi faktor genetik, riwayat keluarga dengan masalah kolesterol tinggi dan kondisi medis tertentu seperti obesitas, diabetes dan hipertensi. Untuk mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi pada usia muda, penting untuk menjaga gaya hidup yang sehat.

BACA JUGA:Inilah 4 Kategori Kadar Gula Darah yang Normal Berdasarkan Usia

BACA JUGA:7 Kebiasan Pagi ini Dapat Seimbangkan Kadar Gula Darah, Mau Coba?

6 Langkah Untuk Mencegah Kolesterol Tinggi dalam Usia Muda

Inilah beberapa langkah yang bisa diambil dalam mencegah kolestrol pada usia muda:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.hallodoc.com