6 Faktor Risiko Kolesterol Tinggi Yang Perlu di Waspadai

6 Faktor Risiko Kolesterol Tinggi Yang Perlu di Waspadai

Makanan yang mengandung kolesterol--by.Pixabay

DISWAY JATENG.ID - Kesehatan itu adalah segalanya untuk tubuh yang harus selalu kita jaga. Kolesterol tinggi merupakan kondisi ketika seseorang mempunyai terlalu banyak zat lemak dalam darah.

Terlalu banyak kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah yang menempatkan seseorang pada masalah jantung atau stroke. Kolesterol adalah suatu komponen tipe sterol (lemak) yang bisa ditemukan di kebanyakan jaringan tubuh. 

Kolesterol dan turunannya adalah komponen penting dari membrane sel dan merupakan prekursor dari komponen-komponen steroid. Tetapi, peningkatan salah satu jenis kolesterol adalah low-density lipoprotein (LDL) dikaitkan dengan naiknya risiko penyakit jantung koroner.

Kolesterol tinggi ini disebabkan oleh konsumsi makanan berlemak, tidak cukup berolahraga, kelebihan berat badan, merokok dan minum alkohol. Selain itu, kolesterol tinggi juga dapat dipicu oleh kondisi genetik.

BACA JUGA:Anda Sering Merasa Mengantuk? Berikut 9 Gejala Kolesterol Tinggi yang Perlu Di Waspadai!

BACA JUGA:Ini Cara Mudah Turunkan Kolesterol! Ini 4 Resep Minuman dari Mentimun, Mudah Banget

6 Faktor Risiko Kolesterol Tinggi Yang perlu di Waspadai

Inilah faktor risiko yang menempatkan seseorang pada risiko kolesterol tinggi. Beberapa di antaranya adalah: 

1.Diet yang tidak sehat

Mengonsumsi lemak jenuh yang banyak ditemukan dalam produk hewani, dan lemak trans yang ditemukan di beberapa kue kering dan biskuit, bisa meningkatkan kadar kolesterol.

2.Obesitas

Mempunyai indeks massa tubuh (BMI) lebih dari 30 dapat menempatkan seseorang pada risiko kolesterol tinggi.

3.Kurang Olahraga

Olahraga dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh (HDL), dan menurunkan risiko peningkatan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.hallodoc.com