15 Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Beras Merah hingga Aloe Vera

15 Makanan untuk Penderita Asam Lambung, Beras Merah hingga Aloe Vera

Menu makanan untuk penderita asam lambung-David Gabrielya-unsplash

DISWAY JATENG - Makanan untuk penderita asam lambung harus dipilih secara benar. Karena penderita asam lambung, atau yang secara medis dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD), seringkali mengalami ketidaknyamanan akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Untuk diketahui banyak makanan dapat merangsang produksi asam lambung yang berlebihan, meningkatkan risiko refluks asam, dan memperburuk gejala GERD.

Penelitian telah mengungkapkan bahwa makanan pedas, berlemak tinggi, dan asam dapat merangsang sel-sel lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam lambung.

Hal tersebut terungkap dalam studi "The American Journal of Gastroenterology" pada tahun 2005 mengaitkan konsumsi makanan tinggi lemak dengan peningkatan produksi asam lambung dan gejala GERD.

Gejala umum meliputi sensasi terbakar di dada (heartburn), mulas, dan gangguan pencernaan. Penting bagi penderita GERD untuk mengadopsi pola makan yang tepat guna mengurangi gejala dan meningkatkan kualitas hidup.

BACA JUGA:Ratusan Anggota Polres Pemalang Tes Skrining Diabetes Militus dan Hipertensi

BACA JUGA:Unik, Upacara Bendera di Margadana Tegal Gunakan Pakaian Daur Ulang Sampah dan Adat

Berdasarkan penelitian ilmiah, ada sejumlah makanan yang dapat membantu mengatasi asam lambung dan mengurangi refluks asam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi makanan-makanan tersebut yang direkomendasikan bagi penderita asam lambung.

1. Serat Tinggi dan Biji-Bijian

Makanan tinggi serat seperti oatmeal, sereal gandum utuh, dan nasi merah dapat membantu mengurangi refluks asam dengan meningkatkan pencernaan. Serat juga membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mengontrol berat badan yang sehat.

2. Sayuran Rendah Asam

Sayuran seperti brokoli, kentang, wortel, dan bayam memiliki kandungan asam yang rendah dan memberikan nutrisi penting serta serat. Sayuran ini membantu menjaga keseimbangan pH lambung dan mencegah peningkatan produksi asam.

3. Buah-Buahan Rendah Asam

Buah-buahan seperti pisang, apel, dan pir rendah asam dan sering kali lebih baik untuk penderita GERD. Pisang juga mengandung bahan alami yang membantu melapisi dinding lambung, melindungi dari iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: