Mengenal Manfaat-Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Mengenal Manfaat-Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan--

DISWAYJATENG.ID - Sawo merupakan buah tropis yang berbentuk bulat atau agak lonjong, berkulit halus, berwarna coklat, hijau, atau jingga tergantung varietasnya. Daging buah sawo lunak dan keras, biasanya berwarna kuning, jingga atau merah jambu.

Rasanya manis dengan rasa seperti karamel yang lembut dan memiliki aroma yang khas. Buah sawo dikenal dengan kandungan serat, vitamin dan mineral yang tinggi serta memiliki biji di tengahnya yang tidak biasa dimakan.

Karena rasa dan teksturnya yang unik, buah sawo sering dimakan segar atau dibuat menjadi berbagai hidangan, seperti salad, jus, atau makanan penutup. 

Namun tak hanya itu, buah sawo juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:Kandungan Nutrisi dan Manfaat Apel untuk 6 Penyakit Ini

1. Kaya Serat

Manfaat buah sawo yang pertama yaitu kaya akan serat. Sawo mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Serat bisa membantu mencegah sembelit, meredakan masalah perut, dan menjaga saluran usus tetap sehat.

2. Sumber Vitamin dan Mineral

Manfaat berikutnya dari buah sawo adalah sebagai sumber vitamin dan mineral. Sawo mengandung vitamin A, C, dan E, serta beberapa mineral seperti potasium dan zat besi. Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh, sedangkan vitamin C berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pembentukan kolagen.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya yaitu membantu menjaga kesehatan jantung. Sawo juga mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol darah, sementara antioksidan melindungi sel jantung dari kerusakan oksidatif.

4. Mengatur Gula Darah

Manfaat ke empat dari buah sawo ini juga bisa untuk mengatur gula darah. Buah Sawo memiliki indeks glikemik yang relatif rendah, yang berarti dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang dengan masalah gula darah, seperti penderita diabetes.

BACA JUGA:Inilah 6 Manfaat Jeruk Nipis dan Madu Bagi Kesehatan Tubuh

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat ke berikutnya dari buah sawo ini juga bisa untuk meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan vitamin E pada sawo dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Antioksidan dalam buah ini juga melindungi sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

6. Mempertahankan Berat Badan yang Sehat

Selanjutnya manfaat ke enam dari buah sawo ini juga bisa untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Kandungan serat pada sawo dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengekang keinginan ngemil yang berlebihan dan membantu upaya menjaga berat badan yang sehat.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Lalu manfaat berikutnya dari buah sawo ini juga bisa untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini dikarenakan vitamin C pada sawo berperan dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi dan penyakit.

8. Dukungan Pencernaan

Buah sawo juga bisa bermanfaat untuk mendukung pencernaan. Serat pada sawo dapat membantu merangsang buang air besar dan mencegah sembelit. Ini mendukung kesehatan pencernaan secara umum.

9. Kaya akan Antioksidan

Lalu manfaat berikutnya yaitu kaya akan antioksidan. Sawo mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan lutein, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan radikal bebas.

10. Mendukung Kesehatan Tulang

Dan manfaat yang terakhir dari buah sawo bisa untuk mendukung kesehatan tulang. Kandungan mineral seperti potasium dan kalsium pada sawo mendukung kesehatan tulang dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Itulah manfaat-manfaat buah sawo yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Seumur Hidup Baru Tahu, Buah Sawo Ternyata Bisa Atasi Penyakit Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: