6 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan di Pagi Hari

6 Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Kesehatan di Pagi Hari

--

DISWAYJATENG.ID – Mandi air dingin di pagi hari ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh bagi setiap orang. Lalu apa sajahmanfaat mandi mengunakan air dingin di pagi hari.

Ada tiga gaya hidup sehat yang dapat dilakukan setiap orang sebelum jam 6 pagi seperti berolahraga, minum air putih dan mandi mengunakan air dingin. Oleh karena itu dinginnya air di pagi hari akan membuat rasa malas untuk memulai aktivitas.

Mandi dengan air dingin di pagi hari memiliki manfaat bagi kesehatan yang akan rasakan pada tubuh jika mandi air dingin di pagi hari.

Berikut ini 6 manfaat mandi air dingi di pagi hari untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan sistem daya tahan tubuh

 

Mandi mengunakan air dingin akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak.

Sel darah putih inilah yang berperan menangkal serangan berbagai virus, kuman dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

2. Melancarkan sirkulasi darah

 

Dengan lancarnya aliran darah keseluruh tubuh maka seluruh organ tubuh juga tetap terjaga dan terpelihara kesehatannya.

Tak hanya itu saja akan mandi mengunakan air dingin juga mampu mempercepat proses penyembuhan, serta mengurangi berbagai jenis peradangan pada tubuh.

3. Mengurangi Tingkat Stres pada pikiran

 

Mandi dengan air dingin pada pagi hari akan memastikan seluruh bagian tubuh mendapatkan pasokan oksigen dalam jumlah yang cukup. Kebutuhan oksigen pada organ yang terpenuhi akan mampu mengurangi tingkat stres yang dialami.

4. Menurunkan Berat Badan

 

Mandi dengan air dingin dapat membantu program penurunan barat badan kalian. Tubuh manusia mengandung dua jenis lemak, lemak putih dan lemak coklat.

Lemak putih adalah penumpukan lemak di pinggang, perut, dan leher yang terjadi ketika kita mengonsumsi lebih banyak kalori dari pada tubuh kita perlu untuk berfungsi dan kita juga tidak membakar lemak putih untuk energi.

Sementara itu lemak coklat merupakan lemak baik yang biasa kita gunakan untuk menghasilkan panas demi menjaga tubuh menjadi hagat. Serta dibakar ketika kita terkena dingin yanag ekstrim, jadi mandi mengunakan air dingin mampu meningkatkan metabolisme lemak coklat.

5. Meningkatkan kesehatan rambut di kepala

 

Mandi menggunakan air dingin pada pagi hari ternyata juga mampu mejaga dan meningkatkan kesehatan rambut kepala.

Ini dikarenakan dengan muali mandi air dingin di pagi hari akan semakin memperkuat akar rambut yang membuat rambut menjadi tidak mudah rontok maupun kusam.

6. Mempercepat memulihkan nyeri otot dan pegal linu

Mandi menggunakan air dingin terutama efektif dalam mengurangi ngeri otot yang gejalanya muncul terlambat seperti beberapa hari setelah kalian berolah raga yang ekstrim.

 

Air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah sesi latihan yang melelahkan.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Saat Keramas Bikin Rambut Rontok Parah

BACA JUGA: Jangan Malas! Ini Dia 6 Manfaat Mandi Pagi Baik untuk Kesehatan

Itulah beberapa manfaat mandi pagi dengan menggunakan air dingin. Sementara mandi air dingin memiliki banyak manfaat akan tetapi cara ini tidak dianjurkan untuk semua orang. Karena sensasi kejutan yang rasakan dari air dingin walau bermanfaat meningkatkan detak jantung. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: