Jika Mau Otak Pintar Coba Rajin Konsumsi Ikan Mas! Inilah 5 Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan

Jika Mau Otak Pintar Coba Rajin Konsumsi Ikan Mas! Inilah 5 Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan

Ilustrasi Manfaat Ikan Mas Bagi Kesehatan--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Ikan mas kaya akan kandungan vitamin B1, B3, zat besi, dan beta karoten. Hal ini membuat ada beragam manfaat ikan mas untuk kesehatan. 

Selain itu, ikan mas juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk perkembangan otak dan meningkatkan fungsi kognisi. Hal ini membuat terdapat manfaat ikan mas untuk kesehatan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 manfaat ikan mas bagi kesehatan:

1. Sumber Protein

Manfaat pertama ikan mas bagi kesehatan adalah sebagai sumber protein yang baik. Protein adalah nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk membangun, memperbaiki, dan memelihara berbagai jaringan tubuh, termasuk otot, kulit, dan organ.

Protein juga berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, memproduksi enzim dan hormon, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Ikan mas mengandung protein berkualitas tinggi dengan semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino esensial ini tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga perlu didapatkan melalui makanan.

Mengonsumsi ikan mas dan sumber protein lainnya membantu memenuhi kebutuhan protein harian dan mendukung fungsi tubuh yang optimal.

2. Kaya Omega-3

Manfaat kedua ikan mas bagi kesehatan adalah kandungannya yang kaya akan asam lemak omega-3.

Omega-3 adalah jenis asam lemak tak jenuh yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama karena tubuh tidak dapat menghasilkannya sendiri dan perlu mendapatkannya dari makanan.

Asam lemak omega-3 memiliki beberapa manfaat, di antaranya:

Kesehatan Jantung

Omega-3 dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Kesehatan Otak

Omega-3 memiliki peran penting dalam perkembangan dan fungsi otak. Mereka dapat membantu menjaga kognisi yang baik, memori, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Antiinflamasi

Omega-3 memiliki efek antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mencegah kondisi kronis yang terkait dengan peradangan.

Kesehatan Kulit

Asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan kulit, dan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

Mengatur Gula Darah

Omega-3 dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah, yang bermanfaat bagi orang dengan diabetes.

BACA JUGA:5 Kebiasaan Sederhana ini dapat Membantu Anda Hidup Lebih Lama, Terapkan!

3. Kandungan Vitamin dan Mineral

Manfaat ketiga ikan mas bagi kesehatan adalah kandungannya yang mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

Vitamin dan mineral berperan sebagai kofaktor dalam berbagai reaksi biokimia dalam tubuh dan memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Beberapa vitamin dan mineral yang dapat ditemukan dalam ikan mas termasuk:

Vitamin D

Penting untuk kesehatan tulang dan penyerapan kalsium.

Vitamin B12

Dibutuhkan untuk fungsi saraf dan pembentukan sel darah merah.

Selenium

Sebagai antioksidan, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

Iodin

Penting untuk fungsi tiroid yang normal dan regulasi metabolisme.

4. Pemeliharaan Otak

Ikan mas mengandung asam lemak omega-3, seperti DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic), yang memiliki peran penting dalam perkembangan dan fungsi otak.

Omega-3 membantu memelihara kesehatan jaringan otak, meningkatkan kognisi, dan mendukung kesehatan mental. Omega-3 juga telah terkait dengan penurunan risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

5. Kesehatan Jantung

Asam lemak omega-3 dalam ikan mas memiliki efek positif pada kesehatan jantung.

Omega-3 membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dalam pembuluh darah, dan meningkatkan profil lipid dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dan mengurangi kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber