Antisipasi Kejahatan Jalanan dan Premanisme, Polisi Lakukan Ini

Antisipasi Kejahatan Jalanan dan Premanisme, Polisi Lakukan Ini

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun bersama tim melakukan salam persisi.-hermas purwadi-jateng.disway.id

SLAWI, DISWAY JATENG – Mengantisiasi  terjadinya kejahatan jalanan yang marak terjadi akhir-akhir ini, Puslitbang Polri melakukan penelitian terkait kejahatan jalanan dan premanisme di Polres Tegal, Selasa 8 Agustis 2023.

 Kegiatan ini berupa penelitian tentang penguatan pemberantasan kejahatan jalanan dan premanisme di wilayah Polres Tegal, dengan objek penelitian yang dikhususkan  terdapat pada bidang operasional yang  melibatkan fungsi Binmas, Reskrim, Intelkam dan Sat Samapta.

Tim Puslitbang Polri yang hadir dalam acara ini, yaitu Ketua Tim Puslitbang Polri Kombes Pol Drs Aziz Saputra, dan Pendamping tim Puslitbang AKBP Ir Dadang Sutrasno.

BACA JUGA: Mantab! Polres Tegal Gunakan Lintasan Baru Uji Praktik SIM

Penelitian dilakukan dengan survei dan wawancara atau focus group discussion (FGD), kuesioner dibagikan secara online dengan harapan nantinya akan mendapatkan penilaian dan persepsi dari warga terhadap penegakan hukum kejahatan jalanan.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod  Zakun SH SIK mengungkapkan, sampai saat ini, untuk wilayah hukum Polres Tegal yang terdapat 18 Polsek di 18 kecamatan belum pernah terjadi tindak pidana kejahatan jalanan, yang sampai  viral di media sosial (medsos).

“Dari 18 polsek yang ada di wilayah Kabupaten Tegal, laporan yang kami terima belum ada tindak pidana kejahatan jalanan dan premanisme,”  ungkap Kapolres Tegal.

BACA JUGA:Luar Biasa! Seminggu Polres Tegal Gulung Dua Pengedar Sabu  

Ketua Tim Puslitbang Polri Kombes Pol Drs. Aziz Saputra mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah untuk penelitian dan pengembangan ilmu teknologi dalam peningkatan kemampuan Polri guna memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait Harkamtibmas.

"Seiring dengan peningkatan kriminalitas yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok dengan kekerasan dan tentunya mengancam fisik, sehingga merugikan orang lain baik materi maupun nyawa, maka sudah menjadi tugas Polri untuk melakukan tindakan preemtif, preventif dan gakkum," papar Kombes Aziz Saputra.

BACA JUGA:Jaga Keamanan, Polres Tegal Tingkatkan Patroli di Pesisir Pantura

Kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif, Polres Tegal  mendukung  penuh adanya kegiatan penelitian ini guna meningkatkan situasi kamtibmas yang tertib. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jateng.disway.id