Buat Harimu Lebih Berenergi, Inilah 6 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Pada Pagi Hari

Buat Harimu Lebih Berenergi, Inilah 6 Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Pada Pagi Hari

Ilustrasi Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan Pada Pagi Hari--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda dalam hal berolahraga. Namun, salah satu waktu terbaik untuk menggerakkan badan adalah di pagi hari.

Selain mencegah Anda untuk kembali ke tempat tidur, olahraga di pagi hari juga memiliki manfaat.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat berolahraga di pagi hari, seperti meningkatkan suasana hati jadi lebih baik dan membantu meningkatkan energi untuk persiapan beraktivitas sepanjang hari.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 olahraga yang cocok dilakukan saat pagi hari:

1. Jogging Ringan

Ini adalah aktivitas fisik di mana Anda berlari dengan kecepatan yang lebih lambat dan stabil daripada berlari cepat.

Jogging ringan pada pagi hari bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai hari dengan energi. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, merangsang sistem saraf, dan melepaskan endorfin untuk perasaan baik.

Selain itu, jogging ringan juga membantu membakar kalori dan meningkatkan stamina serta daya tahan. Pastikan Anda memiliki sepatu olahraga yang nyaman dan melakukan pemanasan sebelum mulai jogging untuk mencegah cedera.

2. Senam atau Peregangan

Senam atau peregangan pada pagi hari adalah serangkaian gerakan tubuh yang dirancang untuk membangunkan otot-otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengembalikan fleksibilitas setelah tidur semalam.

Ini dapat membantu mengurangi kekakuan otot dan meningkatkan kesejahteraan fisik. Peregangan juga bisa membantu meningkatkan postur tubuh dan mengurangi risiko cedera selama aktivitas sehari-hari.

Anda bisa mencari video panduan senam pagi atau rutinitas peregangan yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan Anda.

3. Bersepeda

Bersepeda santai pada pagi hari adalah cara yang bagus untuk berolahraga dan menjaga kesehatan jantung.

Aktivitas ini melibatkan mengayuh sepeda dengan kecepatan yang lebih lambat dan nyaman, biasanya di area yang tenang dan pemandangan alam yang indah.

Bersepeda santai pada pagi hari tidak hanya memberikan manfaat kardiovaskular, tetapi juga membantu melatih otot-otot kaki dan mengurangi stres.

Ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjelajahi lingkungan sekitar Anda sambil tetap aktif dan bugar. Pastikan Anda memakai helm dan perlengkapan keselamatan lainnya saat bersepeda.

BACA JUGA:Selain Deodoran, Inilah 7 Tips Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah

4. Yoga

Yoga adalah rangkaian latihan fisik dan pernapasan yang membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan.

Yoga juga memiliki unsur meditasi yang dapat membantu merilekskan pikiran dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Latihan yoga pada pagi hari dapat membantu Anda memulai hari dengan tenang dan fokus. Sedangkan meditasi adalah latihan pikiran yang melibatkan konsentrasi pada pernapasan atau mantra untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan.

Kedua latihan ini bisa dilakukan dalam berbagai tingkatan kesulitan, sehingga cocok untuk berbagai tingkat pengalaman.

5. Renang

Renang adalah olahraga air yang melibatkan gerakan tubuh di dalam air. Melakukan sesi renang pada pagi hari dapat memberikan banyak manfaat, termasuk melatih seluruh tubuh, meningkatkan kardiovaskular, dan mengembangkan kekuatan otot.

Renang juga memiliki efek rendah dampak pada persendian, sehingga cocok bagi banyak orang, termasuk yang memiliki masalah pada sendi atau cedera ringan.

Selain itu, berenang juga dapat memberikan sensasi menyegarkan dan relaksasi, yang dapat membantu memulai hari dengan semangat.

Pastikan Anda berada di tempat renang yang aman dan mengikuti pedoman keselamatan yang tepat.

6. Olahraga Tim

Olahraga tim melibatkan bermain dalam kelompok dengan tujuan bersama, yang melibatkan kerjasama, koordinasi, dan komunikasi antara anggota tim.

Bermain olahraga tim pada pagi hari tidak hanya menyediakan manfaat fisik, seperti meningkatkan stamina dan kesehatan jantung, tetapi juga membangun semangat tim dan rasa persaudaraan.

Olahraga tim dapat memberikan motivasi ekstra karena Anda berinteraksi dengan rekan-rekan tim Anda dan merasa termotivasi untuk mencapai tujuan bersama.

Ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memulai hari dengan energi dan semangat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber