Harga Telur Mahal, Telur Pecahan Jadi Pilihan Warga Bumiayu

Harga Telur Mahal, Telur Pecahan Jadi Pilihan Warga Bumiayu

MEMILAH- Pedagang di kios telur memilah telur ayam yang baru datang untuk memisahkan telur pecah yang banyak dicari warga.-Teguh Supriyanto-Radar Brebes

BUMIAYU, DISWAYJATENG - Masih tingginya harga telur ayam broiler ditingkat pedagang eceran, membuat sebagian warga memilih untuk membeli telur pecah yang dijual pedagang lebih murah.

Harga telur ayam di Pasar Bumiayu masih dijual Rp 32.000/kilogram, dari harga sebelumnya Rp 27.000/kilogram. Sementara harga telur pecah, dijual Rp 1.000/butir.

"Cuma mensiasati pengeluaran saja, sebab harganya tidak kunjung turun. Kalau beli telur pecah ini, bisa hemat setengahnya," ungkap Widyawati, seorang pembeli di Pasar Seng Bumiayu, Selasa (1/8).

BACA JUGA:Jelang Nataru, Harga Telur dan Daging di Brebes Merangkak Naik

Dikatakan Wati, masih tingginya harga telur cukup memberatkan dirinya. Terlebih kenaikan harga yang sudah berlangsung cukup lama ini, juga dibarengi dengan naiknya harga kebutuhan lain.

"Sejak sebelum Lebaran lalu harga sudah naik, tidak hanya telur tapi juga lainya. Belum lagi kebutuhan sekolah di tahun ajaran baru kemarin, jadi harus irit," katanya.

Supriyadi, pedagang telur di pasar tersebut membenarkan banyaknya warga yang mencari telur pecah. Selain untuk lauk, beberapa diantaranya juga berasal dari pembuat kue maupun olahan makanan lainnya. "Setiap hari selalu saja ada warga yang mencari, padahal jumlah telur pecah tidak banyak," ucap Supriyadi.

BACA JUGA:Harga Telur Ayam Mahal, Pedagang di Kudus Sepi Pembeli

Dikatakan, meskipun dalam kondisi pecah namun kualitas telur masih bagus dan dapat dikonsumsi. Sebelumnya pedagang telah memilah kondisi telur, sehingga bisa untuk dikonsumsi.

"Kebanyakan pecah pada bagian kulit akibat guncangan saat pengiriman, sementara bagian putih dan kuning telur masih bagus," terang Supriyadi.

Dia juga memastikan, sebelumnya telah dilakukan sortir khususnya untuk telur pecah ini. Sehingga selain masih dijual bersama kulitnya, dia juga menjual telur pecah yang telah dikemasi dalam plastik.

"Kalau memang sudah rusak, seperti kuning telur pecah. Maka kita tidak berani jual," imbuhnya.

BACA JUGA:Catat, Harga Telur Ayam Alami Kenaikan

Dia menyebutkan, dalam sehari, telur pecah yang dijualnya ada di kisaran lima sampai sepuluh kilogram. Pernah juga penjualan telur pecah mencapai 30 sampai 40 butir dalam sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: