Catat, Harga Telur Ayam Alami Kenaikan

Catat, Harga Telur Ayam Alami Kenaikan

PEMALANG (Disway Jateng) -

WARUNGPRING - Harga telur ayam mengalami kenaikan dan membuat peternak untung. Naiknya harga telur sudah terjadi sejak awal puasa.

Widyanti, peternak ayam petelur di Desa Cibuyur, Kecamatan Warungpring mengatakan, harga telur saat ini naik dari sebelumnya. Dengan kenaikan harga membuat peternak untung, dan modal kembali sehingga bisa untuk perputaran usaha ternak ayam petelur. 

"Harga saat ini di tingkat kandang Rp24.000 per kilogram dari sebelumnya Rp17.000 per kilogram" katanya, Jumat (8/4).

Ayam yang bagus akan bertelur pada usia 16 minggu, biasanya ayam akan bertelur satu kali dalam sehari. Ayam akan dipertahankan sampai sekitar 15 bulan atau masih produktif, namun jika sudah di atas usia tersebut maka masuknya afkir. 

"Ayam afkir sudah tidak produktif lagi, sehingga harus diganti dengan ayam yang baru" imbuhnya. 

Peternak ayam petelur menghadapi banyak kendala, seperti penyakit, cuaca ekstrim, dan lain sebagainya. Bobot ayam juga perlu dipertahankan sesuai anjuran, agar bisa hasilkan telur maksimal, sehingga harga telur memang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan peternakan.

"Semoga harga bisa terus bertahan agar peternak tidak rugi, dan produksi telur makin bertambah" ungkap Dahro peternak ayam petelur lainnya.(maf/gun)

Editor  : Sekhun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: