Hutan Mangrove Kulon Progo: Destinasi Keindahan Wisata Terbaru di Yogyakarta

Hutan Mangrove Kulon Progo: Destinasi Keindahan Wisata Terbaru di Yogyakarta

Hutan Mangrove Kulon Progo: Destinasi Keindahan Wisata Terbaru di Yogyakarta-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Siapa disangka walaupun terkenal dengan wisata pantainya, akan tetapi ternyata Yogyakarta mempunyai wisata baru yakni Hutan Mangrove Kulon Progo.

Wisata yang satu ini sangat cocok untuk kalian kunjungi bersama keluarga tercinta kalian, walau hanya untuk duduk santai saja tapi bisa menyenangkan hati kita.

Hutan Mangrove Kulon Progo merupakan sebuah kawasan wisata alternatif yang bisa digunakan, yakni apabila wisatawan bingung dengan objek yang hanya itu-itu saja.

Berkunjung ke Daerah Yogyakarta memang selalu membawa kenangan dan harapan agar dapat kembali mengunjungi kawasan ini lagi, selain wisata alamnya yang mempesona dan keramahan warga jogja dan sajian kuliner yang beragam dengan harga murah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Biasanya para wisatawan pergi ke Jogja itu hanya ke daerah Bantul, Gunungkidul, yakni dimana kedua kawasan ini mempunyai pesona wisata yang menarik seperti halnya Pantai dengan bebatuan karang dan area snorkelingnya.

Bahkan untuk pesona sunset yang tidak bisa ditolak sedikit pun, dan apakah kalian tahu apabila Yogyakarta tidak hanya mempunyai 2 kota itu saja sebagai andalan pariwisata.

Yogyakarta masih punya Kulon Progo yang namanya mulai dilirik oleh para wisatawan lain, yakni dengan keindahannya seakan mampu menyihir setiap wisatawan yang datang.

Kehadiran Perbukitan dan air terjun menjadi pilihan yang tidak boleh kalian lewatkan, selain itu kulon progo juga punya sunset dan dinobatkan memiliki pesona sunset tercantik di Jogja.

Awalnya hutan ini mulai didirikan sebagai wilayah konservasi dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi, dan perencanaan menggunakan kawasan ini sudah ada sejak1989 bahkan ada banyak ekosistem yang bisa dinikmati dikawasan wisata ini.

Daya Tarik Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Wilayah wisata Hutan ini masih berada di satu kawasan dari Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik, jadi jika setelah kalian berkunjung ke tempat ini, maka para wisatawan disarankan untuk mengunjungi Pantai Glagah yang terkenal dengan kecantikan senjanya.

Hutan bakau ini memang terlihat memukau dan ditambah dengan jembatan yang terbuat dari kayu, seperti para wisatawan yang ingin berkunjung ke sini harus tahu waktu-waktu yang tepat datang diwisata ini.

Yakni dimana bisa disarankan bagi wisatawan untuk datang pada pagi hari sekitar 08.00 hingga 10.00, dan sore hari mulai pukul 15:30 waktu setempat.

Kedua waktu ini karena sengatan senja belum terlalu menyengat dan para wisatawan bisa mengambil berbagai macam foto dan gambar yang mengesankan.

Sebenarnya jika siang juga waktu yang tepat untuk datang, hanya saja saat siang terik matahari akan terasa sangat menyengat sedangkan gazebo yang berada di hutan bakau ini sangat tebatas.

Kalian bisa menikmati hutan bakau ini bisa dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menikmati beberapa spot menarik yang sudah disajikan pihak pengelola.

Selain itu hembusan semilir angin yang sejuk menambah kesejukan tersendiri sehingga jika berada di tempat ini bisa dibilang susah untuk dilupakan. Nah tempat ini ada yang namanya jembatan api-api, yakni jembatan ini merupakan titik selfie favorit bagi wisatawan yang lain.

Eloknya jembatan ini bisa dilihat dari wahana permainan yang disajikan seperti ayunan, dan para wisatawan bisa memainkan ayunan ini dan kembali ke masa lalu, bagaimana seru bukan.

Kenapa Jembatan ini bisa dinamakan dengan Jembatan Si api-api, yakni karena jenis hutan Mangrove yang berada di kawasan ini adalah api-api. Oleh karena itu jembatan kebanggan wisatawan ini dinamakan sebagai Jembatan api-api.

Tetapi bagi wisatawan harus sedikit bersabar bila berada di spot ini dan maklum saja, karena spot favorit ini pasti membuat banyak orang yang datang. Jadi mau tidak mau harus rela untuk antri dan menjaga ketertiban agar bisa mengambil sudut foto yang bagus.

BACA JUGA:Pantai Sundak Jogja: Cerita Sejarah Menarik Tentang Perkelahian Hewan

Itulah dia sedikit informasi tentang wisata baru Hutan Mangrove Kulon Progo, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: