4 Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan Anak, Salah Satunya Bisa Menambah Nafsu Makan

4 Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan Anak, Salah Satunya Bisa Menambah Nafsu Makan

Ilustrasi Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan Anak--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Jamu beras kencur adalah ramuan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras, kencur, gula aren, dan bahan-bahan lainnya.

Pada dasarnya, minuman ini tergolong sebagai jamu karena memiliki berbagai khasiat bagi tubuhmu dan tubuh si Kecil.

Tentu saja bermanfaat, minuman satu ini dibuat menggunakan bahan-bahan alami, seperti beras dan rimpang kencur.

Ada banyak sekali manfaat kesehatan yang dapat diperoleh ketika si Kecil mengonsumsi beras kencur. Jamu ini membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umumnya terjadi pada tubuh anak-anak.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut daftar manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan anak:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah pertahanan alami tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Anak-anak, terutama yang masih dalam tahap pertumbuhan, seringkali rentan terhadap infeksi dan penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka belum sepenuhnya berkembang.

Jamu beras kencur mengandung nutrisi dan zat aktif yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

Beberapa zat aktif yang terdapat dalam beras kencur, seperti senyawa antioksidan dan antiinflamasi, berperan dalam meningkatkan respons imun tubuh terhadap infeksi.

Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, anak-anak cenderung lebih tahan terhadap serangan bakteri dan virus, sehingga risiko mereka untuk jatuh sakit dapat berkurang.

Namun, penting untuk diingat bahwa jamu beras kencur bukan pengganti vaksinasi atau perawatan medis yang mungkin diperlukan jika anak mengalami kondisi kesehatan yang serius.

2. Meringankan gangguan pencernaan

Beras kencur mengandung bahan-bahan alami yang dapat memberikan efek positif pada sistem pencernaan anak.

Beberapa bahan utama dalam jamu beras kencur, seperti kencur dan gula aren, memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik.

Sifat antiinflamasi dalam kencur membantu mengurangi peradangan di saluran pencernaan, yang dapat membantu meredakan gejala seperti perut kembung, gas, atau sakit perut pada anak.

Selain itu, sifat antiseptik dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri berbahaya dalam saluran pencernaan, yang dapat membantu mencegah atau meredakan gangguan pencernaan yang disebabkan oleh infeksi.

Jamu beras kencur juga dapat membantu meredakan mual pada anak, sehingga bisa membantu anak yang sedang mengalami mual akibat makanan yang tidak cocok atau gejala lainnya.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Sering Minum Air Rebusan Jahe Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

3. Memperbaiki nafsu makan

Banyak orangtua mengalami tantangan saat anak mereka kurang nafsu makan. Hal ini bisa menjadi masalah karena nutrisi yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Jamu beras kencur dianggap memiliki sifat yang merangsang nafsu makan. Beberapa kandungan nutrisi dan komponen aktif dalam beras kencur, seperti gula aren dan kencur, diyakini dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan memberikan dorongan bagi anak untuk makan lebih banyak.

Dengan meningkatnya nafsu makan, anak dapat mengonsumsi lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh mereka, termasuk vitamin, mineral, dan zat-zat penting lainnya.

Ini akan membantu anak tetap sehat, aktif, dan mendukung pertumbuhan yang optimal.

4. Meredakan batuk dan pilek

Beras kencur mengandung kencur, yang memiliki sifat-sifat antiseptik dan antiinflamasi. Kencur adalah salah satu bahan utama dalam jamu beras kencur yang memberikan manfaat dalam meredakan gejala batuk dan pilek pada anak.

Sifat antiseptik kencur membantu menghambat pertumbuhan bakteri atau mikroba berbahaya di saluran pernapasan anak.

Sementara itu, sifat antiinflamasi dapat membantu meredakan peradangan pada saluran pernapasan yang bisa menyebabkan iritasi dan batuk.

Jamu beras kencur juga dapat membantu mengurangi lendir di saluran pernapasan, sehingga anak lebih mudah bernapas dan merasa lebih nyaman saat mengalami pilek.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber