Jarang yang Tahu! Ini Dia Macam-Macam Rujak Di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Jarang yang Tahu! Ini Dia Macam-Macam Rujak Di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Tiap daerah memiliki rujak khas tersendiri--

DISWAYJATENG – Rujak Merupakan makanan tradisional Indonesia yang sudah dikenal masyarakat. Tiap daerah memiliki jenis rujak tersendiri yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Makanan ini cenderung memiliki rasa pedas.

Rujak adalah makanan segar favorit . Salah satu salad khas Indonesia ini biasanya didominasi oleh buah-buahan yang dipotong lalu disiram dengan saus kacang yang pedas-manis. Namun semakin jauh menjelajah, saya pun menemukan banyak varian dari rujak buah.

Melansir dar resepkoki.id, tiap daerah punya keunikannya sendiri, entah dimodifikasi atau ditambahkan bahan-bahan baru yang membuat rasanya makin istimewa. Penasaran apa saja rujak khas Indonesia yang wajib anda cicip? Scroll ke bawah, ya!

1.    Rujak U Groeh

Biasanya, rujak selalu identik dengan aneka buah potong. Namun di Aceh Besar, ada satu rujak yang spesifik memakai satu bahan, yaitu rujak u groeh. Rujak ini memakai batok kelapa yang masih rapuh sehingga terasa lembut dan renyah saat dikunyah. Pemakaian bumbunya pun terbilang unik, nih, yakni campuran gula merah, cabai, tepung roti, dan perasan jeruk nipis. Konon, rujak ini cuma ada di Aceh Besar. Siap menaiki gunung dan menuruni lembah untuk ke sana?

2.    Rujak Mie

Ada satu lagi rujak unik dari pulau Sumatera, tepatnya dari Palembang. Tapi tunggu, rujak yang ini tidak berisi buah-buahan, lho.

Rujak mie merupakan hasil perkawinan antara pempek dan rujak. Uniknya, rujak mie tentunya lebih mengutamakan bahan mie.

 Ada mie kuning dan soun, lalu ditambahkan potongan timun, pempek, dan disiram kuah cuko yang pedas-gurih-manis. Wah kalau jalan-jalan ke Palembang, hati-hati tertukar dengan pempek, ya.

3.    Rujak Petis

Rujak satu ini masih satu rumpun dengan rujak cingur, yakni memadukan buah dan sayur. Bahkan, jenis buah dan sayur yang digunakan pun tak jauh beda dengan rujak cingur. Namun rujak petis tak memakai cingur, melainkan tempe dan tahu.

Rujak ini jadi semakin unik karena adanya sambal petis udang plus sambal kacang. Wah, kebayang rasa gurih dan legitnya, ya?

4.    Rujak Es Krim

Kalau anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa mencicipi rujak es krim. Pada dasarnya, rujak es krim adalah rujak serut yang terdiri dari nanas, bengkoang, timun, kedondong, dan sebagainya.

Kemudian, rujak serut tadi diberi kuah sambal dan topping es puter berbahan dasar santan. Pas banget kalau diminum saat cuaca panas, nih!

5.    Rujak Cingur

Anda tahu apa itu “cingur”? Cingur adalah moncong atau mulut dan hidung sapi yang memiliki tekstur lembut dan kenyal. Kesannya unik, tapi siapa sangka rujak asal Jawa Timur ini sangat diburu orang. Bahkan tak hanya itu, rujak cingur juga memadukan buah dan sayur.

Buahnya memakai timun, bengkoang, mangga muda, dan nanas ditambah sayur tauge, kangkung, dan buncis.

 Terakhir, sambal kacang yang gurih siap mengguyur campuran cingur, buah, dan sayur. Pokoknya lengkap dan dijamin anda pasti kenyang puas!

6.    Rujak Juhi

Ada lagi yang mirip rujak mie di Jakarta, yakni rujak juhi. Namun sekarang bukan mie yang jadi bintangnya, tapi juhi alias cumi atau sotong kering yang dipotong melebar dan dipanggang. Juhi akan dipadukan dengan mie kuning, irisan mentimun, daun selada atau kol, dan kentang yang disiram dengan sambal kacang.

Hmm, pastinya nikmat dan gurih banget. Oh ya, jangan lupa makannya dengan kerupuk mie atau emping!

7.    Rujak Soto

Para penggemar soto, siapa sudah coba rujak satu ini? Rujak soto terdiri dari sayuran rebus seperti kangkung dan tauge yang diuleg dengan kacang tanah kupas, gula merah, dan petis. Rujak asal Banyumas ini juga menyertakan cingur seperti rujak-rujak ala Jawa Timur lainnya.

Setelah semua diuleg, bahan-bahan tersebut diletakkan dalam mangkuk dan disiram kuah soto yang gurih dan hangat. Tambah taburan bawang goreng pasti makin top!

8.    Rujak Gobet atau Serut

Selain rujak cingur, ada lagi rujak asal Kota Pahlawan yakni rujak gobet. Aneka buah seperti kedondong, bengkoang, mangga, nanas, ketimun, ubi jalar, dan jeruk Bali nantinya akan diserut kasar dan direndam bumbu rujak yang pedas-manis-gurih.

Segar deh pokoknya! Oh ya, rujak gobet ini sering hadir dalam acara pernikahan, khitanan, dan ritual kehamilan 7 bulan, lho.

9.    Rujak Kuah Pindang

Nasi jinggo, ayam betutu, dan sate lilit pastinya sudah biasa. Bagaimana dengan rujak kuah pindang? Hmm, rasanya pasti sangat menarik, ya. Sensasi sedikit amis dari ikan segar dijamin bikin anda ketagihan.

Rujak ini berisi aneka buah seperti mangga muda, pepaya muda, jeruk Bali, dan kedondong yang diiris tipis plus disiram kuah kepala ikan yang gurih dan pedas. Wajib dicoba, nih!

10. Rujak Terasi

Lombok tak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, tapi juga rujaknya yang segar. Yup, ada rujak terasi yang jadi ikon pulau ini.

Sebetulnya rujak terasi adalah rujak buah seperti kedondong, mangga muda, pepaya, nanas, timun, dan buah potong lainnya. Namun, rujak ini menggunakan dua kuah yakni saus gula merah plus kuah merah. Nah di sinilah keistimewaan si rujak karena kuah merahnya terbuat dari cabe rawit dan terasi. Mantap sekali, kan?

BACA JUGA:Rujak Buah Bumbu Kacang! Begini Bahan dan Cara Pembuatannya, Dijamin Maknyus

Itulah aneka macam jenis rujak yang ada di Indonesia. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: