Sebanyak 277 Mahasiswa PPG UPS Ikuti Diklat Wawasan Kebangsaan

Sebanyak 277 Mahasiswa PPG UPS Ikuti Diklat Wawasan Kebangsaan

DIKLAT - Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bersama dengan Kodim 0712/Tegal, Minggu (17/7). Foto : K Anam S--

DISWAYJATENG, TEGAL - Sebanyak 277 mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Pancasakti Tegal (UPS) mengikuti Diklat Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bersama dengan Kodim 0712/Tegal, Minggu (17/7). Diklat yang diselenggarakan berdasarkan Kurikulum PPG 2023 bertujuan mempersiapkan para guru dengan keterampilan dan pengetahuan di satuan pendidikan masa depan. 

“Dari jumlah tersebut, terdapat 147 mahasiswa dari gelombang pertama dan 130 mahasiswa dari gelombang kedua,” kata Direktur PPG UPS Dr Beni Habibie.

Sementara Rektor UPS Dr Taufiqulloh MHum menyampaikan pentingnya Diklat Wawasan Kebangsaan karena Indonesia memiliki beragam budaya. Selain itu,  mengingatkan semua orang telah diajari tentang wawasan kebangsaan sejak sekolah dasar hingga kuliah, sambil menegaskan bahwa UPS sebagai kampus yang menjunjung nilai-nilai luhur Pancasila.

Narasumber dari Kodim 0712/Tegal yakni WS Pasiops Dim 0712 Tegal dan Danramil 07/Adiwerna Kapten Arh Asep Koswara, menjelaskan tentang arti penting dan implementasi wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara Baops Kodim 0712/Tegal Serka I Kadek Marianta memberikan materi wawasan kepemimpinan sebagai bekal bagi para guru di masa depan. 

Selanjutnya, mahasiswa juga mendapatkan pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang dipimpin Baops Kodim 0712/Tegal Serma Suratno. Acara dilanjutkan dengan praktik PBB yang dibagi menjadi tiga kelompok. Dalam kesempatan ini, UPS sekaligus mengadakan MoU dengan Kodim 0712/Tegal. Selain Diklat, mahasiswa mengikuti kegiatan outbound di sekitar Kampus UPS. 

Dalam suasana yang penuh semangat dan kebersamaan, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang wawasan kebangsaan serta memperkuat rasa persatuan dan cinta tanah air. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: