Air Terjun Kedung Kayang: Ini Dia Destinasi Keindahan Wisata yang Sangat Menawan

Air Terjun Kedung Kayang: Ini Dia Destinasi Keindahan Wisata yang Sangat Menawan

Air Terjun Kedung Kayang: Ini Dia Destinasi Keindahan Wisata yang Sangat Menawan -disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Ketika mendengar kata air terjun langsung terpikir dalam diri  kita tempat wisata yang sangat mengasikan. Bahkan kita juga bisa menenangkan pikiran setelah lelahnya bekerja selama seharian.

Salah satunya yakni wisata Air Terjun Kedyng Kayang yang ada di Daerah Magelang ini, salah satu wisata yang harus kalian kunjungi bersama keluarga tercinta.

Nama Kedung Kayang merupakan gabungan dari 2 kata, yaitu Kedung yang berarti Air Terjun dan Kayang yang berarti langit. Terdapat juga cerita misteri atau mitos yang berkembang tentang Air Terjun Kedung Kayang.

Cerita tentang sumber mata air yang berasal dari pecahan telur, Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Air terjun tersebut terletak di ketinggian sekitar 1200 mdpl.

Objek wisata yang bertemakan air terjun sangat disukai sekali oleh kalangan anak muda, dan menjadi sebuah panorama yang lumrah jika di objek wisata air terjun lebih didominasi oleh generasi milenial.

Begitupun dengan objek wisata Air Terjun Kedung Kayang, pesona keindahan yang dimilikinya jarang dijumpai di kebanyakan objek wisata air terjun lainnya. Bagi yang sering ke wisata air terjun tentu sangat sepakat bahwa pesona keindahannya tidak akan lengkap tanpa keseruan melakukan trekking.

Berikut daya tarik wisata yang satu ini, antara lain:

Adanya Spot Selfie dan Panorama Alam Sekitar

Kehadiran gardu pandang yang menghadap ke Gunung Merapi menjadi daya tarik selanjutnya, apalagi saat sore hari sinar matahari yang mulai menguning menjadi paduan warna yang keren bagi hasil jepretan kamera.

Untuk masuk ke area gardu pandang tersebut dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 5.000 per orang, serta jasa fotografer Rp. 2.500 untuk satu foto dalam bentuk soft file.

Satu Air Terjun dan Dua Spot yang Keren

Untuk spot yang pertama yakni menikmati keindahan Air Terjun Kedung Kayang beserta panorama alam sekitar dari atas air terjunnya. Pada bagian atas Air Terjun Kedung Kayang terdapat bebatuan tempat yang biasa dikunjungi oleh para pengunjung.

Saat musim hujan debit airnya sangat deras karena memang sumber mata air objek wisata Air Terjun Kedung Kayang berasal dari sungai, sehingga pengunjung harus selalu berhati-hati saat berada di spot yang di atas. Memang pemandangannya luar biasa keren tetapi karena masih minimnya fasilitas pembatas keamanan maka jangan hanya karena demi konten rela mengabaikan aspek keamanan.

Spot yang ke dua berada di area kolam Air Terjun Kedung Kayang, air yang turun sangat deras sekali, hal itu dikarenakan Air Terjun Kedung Kayang memiliki ketinggian sekitar 40 meter serta menjadi salah satu air terjun tertinggi di Jawa Tengah.

Jam Buka

Wisata Air Terjun Kedung Kayang buka mulai dari 08.00 – 17.00 waktu setempat, dan beroprasional setiap hari kecuali jum’at tutup.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang yakni Rp5.000, dan gardu pandang Rp5.000 serta jasa fotografer Rp2.500 per file.

Fasilitas

Fasilitas di Air Terjun Kedung Kayang hanya ada di dekat area parkir.

.Lokasi

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang berada di Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa tengah.

Petunjuk Jalan Menuju Air Terjun Kedung Kayang

Jalan menuju Air Terjun Kedung Kayang dari Magelang berjarak sekitar 34 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Setelah sampai di area parkir maka lanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki, terdapat papan penunjuk arah sehingga memberikan pilihan kepada pengunjung untuk ke lokasi di atas air terjun atau ke bawah air terjun.

BACA JUGA:Ini Dia Cerita Misteri dan Sejarah Tentang keindahan Wisata Air Terjun Sekar Langit

Demikian itulah pembahasan kita mengenai daya tarik wisata Air Terjun Kedung Kayang, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: