Minuman Segar Ini hanya ada Di Tegal Pas saat cuaca Panas, Nomor 2 Rasanya Mak nyus

Minuman Segar Ini hanya ada Di Tegal Pas saat cuaca Panas, Nomor 2 Rasanya Mak nyus

Es lontrong Slawi Kabupaten Tegal--by.cookpad.com

BACA JUGA: Nikmatnya Soto Tauco Khas Tegal, Makanan yang Sedap dan Menggugah Selera

2. Es Sagwan Tegal

Di Kota Tegal juga mempunyai minuman legendaris yang lain dan bertahan dari dulu sampai sekarang. Namanya es sagwan. Es segar ini yang berisi adonan yang terbuat dari aci (tepung kanji) panjang-panjang berwarna putih, es serut serta gula. 

Bahkan gulanya pun ada dua pilihan yaitu warna merah dan warna coklat. Informasinya, minuman ini sudah puluhan tahun berdiri. Sagwan bukan kepanjangan dari Seger Adem Glenggem Wangi Ancleng Nlaket, tapi adalah nama orang yang pertama kali membuat minuman ini. 

Beliau ini sudah lama meninggal dan rumahnya di sebelah barat SMP N 1 Dukuhturi atau daerah Kepandean. Meskipun sudah meninggal, minuman ini menjadi bisnis turun-temurun keluarganya.

Penjual es sagwan ini sudah cukup banyak , yaitu ada di Jl. KS Tubun, AR Hakim, Jl. Srigunting, Jl. Sumbodro, Jl. Dua, dekat pertigaan Grogol, Jl. Cendrawasih, kebanyakan ada di Kota Tegal penjualnya.

3.Es Gulas Slawi

Untuk es yang satu ini memang tidak setenar es lontrong maupun es sagwan, tetapi minuman segar yang satu ini wajib dicobain saat mampir di Slawi. 

Lokasinya  yang berada di timur Tugu Tambun Slawi. Berada dekat trotoar. Dari namanya saja sudah bisa anda tebak kalau komposisinya yaitu dari gula dan asam jawa. Rasanya asem manis bikin merem melek.

Dengan lokasinya yang strategis membuatnya mudah untuk ditemukan, apalagi menjadi satu lokasi dengan tempat menunggu angkutan anak sekolah.

Jadi sambil menunggu angkutan datang, duduk-duduk sambil minum es gulas ini menjadi aktifitas favorit.(*)

BACA JUGA: Wajib Anda Coba, Inilah Makanan Khas Tegal yang Menggugah Selera Dan Lezat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.infotegal