Camilan Asik Gak Bikin Berisik! Kacang Tanah Rebus Cocok Dalam Situasi Apapun, Ini Resepnya

Camilan Asik Gak Bikin Berisik! Kacang Tanah Rebus Cocok Dalam Situasi Apapun, Ini Resepnya

--

DISWAYJATENG – Kacang tanah rebus seing kita jumpai dalam berbagi situasi dan suasana. Sajian cemilan ini memang sangat cocok untuk menemani setiap acara kumpul-kumpul ataupun rapat.

Tanpa orang sadari, menikmati kacang rebus ini dalam suasana obrolan menjadikan kita tidak hent menyantapnya. Alhasil, kulit kacang sudah terlihat menumpuk di depan kita.

Kacang tanah berkulit biasa dijual bersama jagung manis rebus. Camilan antibosan ini biasa menjadi alternatif snack disebuah acara, termasuk perayaan tahun baru.

Kalau kamu berniat untuk menghidangkan kacang tanah rebus, simak beberapa tips merebusnya agar hasilnya empuk dan hemat waktu. Salah satu caranya adalah dengan memilih kacang tanah berkulit dengan kualitas bagus.

1.    Cara pilih kacang tanah berkulit

Melansir dari laman Delighted Cooking, pilih kacang tanah dengan kulit yang masih keras. Hindari yang lunak karena bisa jadi kacang dalam kondisi busuk. Hindari juga kulit kacang tanah yang berlendir dan kulitnya penuh dengan tanah. Hal ini untuk mempercepat proses bersih cangkang kacang.

2.    Cara bersihkan kacang tanah berkulit

Cara membersihkan kacang tanah cukup mudah. Siapkan air bersih yang mengalir dan masukkan kacang ke dalamnya. Gosok dengan sikat bagian kulitnya agar kotoran tanah yang menempel hilang.

3.    Rebus kacang dengan garam Dilansir dari laman Simply Recipes

Rebus kacang tanah berkulit dengan air bersih dan garam. Semakin lama kacang dimasak maka rasany akan semakin asin. Namun, kulitnya akan lembut. Kamu bisa mengatur lama waktu merebus kacang sesuai dengan tingkat kekenyalan pada cangkah kacang. Biasanya, merebus kacang tanah berkulit membutuhkan sekitar satu hingga dua jam.

4.    Angkat dan tiriskan Selain garam,

Anda bisa menggunakan aneka bumbu bubuk agar cita rasanya lebih enak. Setelah itu, angkat dan tiriskan kacang rebus. Pastikan kacang rebus kering agar tidak berlendir saat dingin. Kacang tanah rebus bisa disimpan dalam freezer hingga berbulan-bulan.

Beberapa Resep Kacang Rebus Aneka Rasa

1.    Resep Kacang Rebus Rempah

Kacang Rebus kerap hadir pada pesta perayaan akhir tahun sebagai camilan saat kumpul bersama keluarga menunggu detik-detik pergantian tahun. Jika biasanya kacang

rebus hanya memiliki cita rasa asin, kali ini Endeus membuatnya dengan menambahkan beragam rempah untuk memperkuat cita rasanya. Yuk, dicoba resepnya.

Bahan

a.    8 porsi

b.    600 g kacang tanah utuh

c.     2,5 l air

d.    10 lembar daun jeruk, sobek-sobek

e.    2 batang serai, memarkan

f.     2 cm lengkuas, memarkan

g.    1 sdm garam

Cara Membuat

a.       Rendam kacang tanah dalam air bersih secukupnya selama 1 jam. Cuci bersih permukaan kacang dari sisa tanah yang menempel. Tiriskan.

b.      Masukkan kacang ke dalam panci besar, tambahkan air, daun jeruk, serai, lengkuas, dan garam. Masak di atas api besar hingga mendidih.

c.       Kecilkan api, teruskan memasak hingga kacang matang (45 menit). Angkat, tiriskan. Sajikan segera.

2.    Resep Kacang Rebus Kayu Manis

Pernahkah Anda merebus kacang tanah untuk camilan? Biasanya bahan tambahan atau bumbu apa yang Anda gunakan untuk merebus kacang? Biasanya sih kita hanya cukup menambahkan garam saja untuk memberi rasa yang unik untuk kacang rebus kita. Tapi pernahkah Anda menambahkan batang kayu manis ke dalam rebusan kacang tanah Anda?

Di Cina, kacang tanah rebus kayu manis ini biasa dijual di pinggir jalan. Saat musim dingin atau cuaca dingin, camilan murah meriah ini jadi makanan favorit. Dan anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Mudah, simpel, dan praktis!

Bahan-Bahan:

a.       0,5 kilogram kacang tanah (masih dengan kulitnya)

b.      3 siung bawang putih kupas.

c.       1-3 batang kayu manis

d.      3 adas manis

e.      3 sdm garam

Cara Membuat:

1.        Siapkan semua bumbu (bawang putih kupas, kayu manis, dan adas manis)

2.        Cuci bersih kacang tanah, masukkan ke dalam panci, tambahkan air.

3.        Campurkan bumbu yang sudah disiapkan ke dalam panci.

4.        Rebus hingga matang.

Alternatif Proses Memasak

Anda bisa cukup merebus kacang tanah selama satu jam apabila sebelumnya Anda merendam kacang tanah bersama bumbu selama satu malam. Tapi jika tak merendamnya

terlebih dahulu, Anda bisa menggunakan pressure cooker (masak selama 60 menit), slow cooker(masak selama seharian), atau di panci biasa (selama 4 jam). Tapi

waktu memasak ini juga kembali lagi dengan kualitas dan besarnya kacang tanah yang Anda gunakan.

BACA JUGA:Tempe Goreng Tepung Nikmat, Renyah dan Gurih, Kuncinya Ada Pada Adonan Tepung! Ini Caranya

Sangat mudah untuk membuatnya kan? Sekarang saatnya menikmati kacang rebus dengan aroma dan rasa yang berbeda. semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: