Selain Enak Juga Bikin Cantik? Inilah 10 Jenis Buah yang Sering Dijadikan Bahan Baku Skincare

Selain Enak Juga Bikin Cantik? Inilah 10 Jenis Buah yang Sering Dijadikan Bahan Baku Skincare

Ilustrasi Jenis Buah Yang Sering Dijadikan Bahan Baku Skincare--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Produk perawatan tubuh, terutama wajah, sekarang banyak yang memakai bahan alami dari alam. Cukup banyak jenis tumbuhan dan buah-buahan yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit wajah.

Tentunya meskipun tumbuhan ini baik untuk kulit, namun tidak bisa sembarangan memakainya karena ada beberapa kontra indikasi juga, tergantung masalah kulit wajah.

Kita juga tidak bisa memetik tumbuhan itu kemudian menempelkannya di wajah sebab tumbuhan atau ekstraknya yang dipakai dalam produk perawatan harus diolah terlebih dahulu agar kadarnya tepat dan bisa bermanfaat secara maksimal.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut merupakan buah yang sering dijadikan campuran bahan baku skincare

1. Bengkuang

Meski rasanya agak tawar, bengkuang ternyata sangat kaya vitamin C. Karena tingginya kandungan vitamin C, bengkoang sudah terbukti dapat mencerahkan wajah dan mencegah penuaan dini.

Selain itu, bengkuang juga dapat membantu menurunkan produksi melanin penyebab kulit kusam sehingga dengan memakai perawatan wajah dari bahan bengkuang bisa membuat wajah mama terlihat cerah dan cerah.

2. Alpukat

Alpukat (Persea americana) adalah buah tropis atau subtropis yang berasal dari Amerika Selatan. Alpukat sudah sering muncul sebagai buah yang memiliki manfaat tinggi untuk kecantikan. Masker alpukat sudah lama dikenal sebagai cara mudah menutrisi kulit.

Alpukat mengandung cukup banyak vitamin E dan C yang berperan penting menjaga kesehatan kulit dari faktor buruk lingkungan, misalnya sinar UV.

Alpukat sangat terkenal sebagai bahan pelembap kulit yang ampuh sehingga membuat kulit kenyal dan selalu bersinar.

3. Kelapa

Sebagai warga negara tropis, tentu paham sekali bahwa kelapa adalah buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak kelapa sudah dipakai nenek moyang kita, lho sebagai produk perawatan kecantikan.

Minyak kelapa yang mengandung antioksidan mampu membantu mengatasi peradangan kulit, menyembuhkan luka, dan mencegah jerawat.

Minyak kelapa juga membantu tubuh memproduksi kolagen sehingga kulit akan tampak lebih kenyal, glowing, lembut, dan kerut-kerutnya berkurang.

4. Nanas

Nanas merupakan buah tropis yang mengandung asam alfa hidroksil (AHA) tinggi dan enzim bromelain yang membantu mengelupas dan mencerahkan kulit dengan lembut.

Selain mampu membantu eksfoliasi kulit, nanas juga mengandung vitamin C untuk mengurangi bintik hitam dan melawan hiperpigmentasi yang disebabkan oleh jerawat atau peradangan lainnya.

Di mana ekstrak nanas yang dinamakan dengan ananas sativus itu dapat digunakan dalam produk perawatan kulit dan tubuh seperti sabun batangan, pelembap, serum, masker, dan sabun mandi karena bekerja mencerahkan dan menghaluskan kulit.

5. Stroberi

Stroberi juga terkandung dalam produk skincare dan bodycare karena kaya akan vitamin E, antioksidan, dan quercetin.

Berbagai kandungan tersebut membantu melindungi kulit dari polusi, mengurangi peradangan, dan meningkatkan produksi kolagen.

Di samping itu, stroberi juga mengandung minyak lemak omega, membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan kenyal.

6. Manggis

Paparan polusi udara itu berdampak buruk pada kondisi kulit maupun tubuh manusia, oleh sebab itu butuh produk dengan kandungan antioksidan.

Pasalnya, antioksidan adalah bahan utama untuk melindungi kulit dari polusi.

Oleh sebab itu, mungkin Kawan Puan tidak asing lagi dengan buah manggis yang ada dalam produk skincare atau bodycare karena punya profil antioksidan yang unik dan kaya akan xanthone dengan sifat anti penuaan dan antiinflamasi

Dalam formulasi perawatan kulit, buah manggis itu membantu melindungi kulit dari tekanan lingkungan dan polusi, serta menjadikan kulit lebih cerah.

7. Semangka

Semangka merupakan buah yang mengandung 92 persen air, sehingga cocok untuk menghidrasi kulit.

Dikarenakan sifat semangka yang melembabkan, maka tak heran jika buah ini cocok dijadikan sebagai sabun batangan dan masker hidrogel.

8. Delima

Delima atau buah delima kaya akan sumber vitamin C yang secara klinis teruji efektif untuk mengatasi kulit kusam dan kering.

Produk perawatan yang mengandung ekstrak delima bisa mengatasi pula kulit kasar karena 82% kandungan delima adalah udara, buah ini juga efektif menghidrasi kulit.

9. Kranberi

Buah beri berbentuk bulat kecil berwarna merah tua ini sangat kaya vitamin C.

Vitamin C yang cukup akan membuat kulit mampu membentuk kolagen yang bisa menjaga elastisitas kulit. Kolagen yang cukup membantu kulit mampu membawa oksigen dan nutrisi sehingga kulit menjadi lembut, bercahaya, dan kencang

10. Anggur

Kita tentu sering mendengar minyak biji anggur (grape seed oil) yang mengandung vitamin C tinggi.

Minyak biji anggur ini terbukti mampu menangkal radikal bebas dan bisa mengurangi risiko kanker kulit karena sinar UV, mengurangi kulit bersisik, kerutan, dan noda hitam di wajah.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber