Ini Dia Mitos dan Daya Tarik dari Curug Sawer Bandung

Ini Dia Mitos dan Daya Tarik dari Curug Sawer Bandung

Ini Dia Mitos dan Daya Tarik dari Curug Sawer Bandung-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID – Air terjun merupakan salah satu tempat wisata favorit untuk menghabiskan waktu liburan kita, termasuk yang ada di Bandung yaitu Curug Sawer.

Curug Sawer Bandung Barat ini memiliki luas sekitar 8 hektar dan dikelilingi oleh hutan pinus yang berjajar rapih sehingga menimbulkan kesan sejuk dan indah.

Berikut adalah mitos dan daya tarik tempat wisata ini, yakni:

 

Mitos yang Berkembang di Curug Sawer

 

Mitos tersebut yakni barangsiapa yang datang ke Curug Sawer ditemani bersama pasangannya maka hubungan mereka akan langgeng sampai ke jenjang pernikahan.

Mitos lain mengatakan bahwa barang siapa yang mandi di aliran air Curug Sawer dapat menjadikan lebih awet muda dan untuk yang masih jomblo akan segera bertemu dengan jodohnya.

 

Asal Mula Nama Curug Sawer

 

Pada zaman dahulu ada seorang sesepuh yang bernama Mbah Rangkung beliau menikahkan anaknya di curug ini. Beliau menikahkan anaknya dengan menggunakan adat sunda, yang dimana didalam adat sunda terdapat sebuah ritual yang diberi nama Saweran atau Nyawer.

 

Saweran atau Nyawer merupakan sebuah tradisi sunda yang dilakukan oleh sepasang pengantin yang baru selesai melakukan ijab qabul. Setelah selesai ijab qabul mereka akan melemparkan koin, uang atau beras sebagai simbol berbagi rezeki dari kedua mempelai kepada para tamu undangan yang hadir.

 

Setelah upacara pernikahan anak dari Mbah Rangkung tersebut maka kemudian Curug ini sering disebut warga sekitar dengan nama Curug Sawer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: