PPDB Tak Penuhi Target, Satu SMP Negeri di Brebes Masih Kekurangan Siswa

PPDB Tak Penuhi Target, Satu SMP Negeri di Brebes Masih Kekurangan Siswa

MONITOR - Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dindikpora Brebes Juwita Asmara melakukan monitor PPDB. -Eko Fidiyanto-Radar Brebes

BREBES, DISWAYJATENG - Satu SMP Negeri di Kabupaten Brebes masih kekurangan kuota siswa selama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2023/2024. SMP Negeri yang dimaksud adalah SMP Negeri 2 Wanasari.

Saat ini, sekolah tersebut baru menerima peserta didik baru sebanyak 65 siswa di 2 kelas.

BACA JUGA:PPDB SMPN 2 Brebes Diserbu Peminat, Padahal Cuma Segini Kuotanya

"Dari data sementara yang kami terima, informasinya baru ada satu SMP Negeri yang kekurangan siswa selama PPDB 2023. Kalau kuota di SMP Negeri 2 Wanasari ini ada 5 kelas. Tapi, laporan yang kami terima baru menerima 65 siswa baru," ungkap Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dindikpora Brebes Juwita Asmara, Selasa (11/7).

Dia menambahkan, jika kuota PPDB di SMP Negeri tidak terpenuhi, maka tidak ada perpanjangan pendaftaran siswa. Pada 6 Juli 2023 lalu merupakan batas akhir data siswa masuk data pokok pendidikan (Dapodik). Artinya, berapapun siswa di kelas 7 SMP negeri, harus segera dilaporkan dan diverifikasi.

"Jadi tidak ada perpanjangan masa PPDB. Sebab, proses pendaftaran sudah ditutup," ucapnya.

BACA JUGA:Sistem Zonasi PPDB di Kabupaten Tegal Dikeluhkan Emak-emak, Kenapa?

Lebih lanjut dia menuturkan, untuk siswa yang dinyatakan diterima di SMP akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pekan depan. Harapannya, selama MPLS nanti bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada halangan apapun. 

"Selanjutnya siswa yang dinyatakan diterima di SMP negeri yang mereka daftar bakal mengikuti MPLS selama beberapa hari ke depan. Kami imbau, pihak sekolah untuk memantau jalannya MPLS, sehingga bisa berjalan dengan lancar," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: