Satu Indonesia Belum Tahu! Makan Gethuk Goreng Bisa Sembuhkan Penyakit Berbahaya Ini

Satu Indonesia Belum Tahu! Makan Gethuk Goreng Bisa Sembuhkan Penyakit Berbahaya Ini

Ilustrasi gethuk goreng--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Satu Indonesia Belum Tahu! Makan Gethuk Goreng Bisa Sembuhkan Penyakit Berbahaya Ini, Bisa Irit Uang Buat Berobat. Getuk goreng merupakan salah satu makanan tradisional yang berbahan singkong.

Tentu, anda sudah kenal dengan makanan ini karena makanan ini sudah tidak asing ditelinga dan mudah dijumpai dipasaran. Gethuk goreng merupakan salah satu oleh oleh khas purwokerto.

Getuk goreng memiliki cita rasa manis, gurih, dan legit. Dibuat dari singkong dan dibumbui gula kelapa. Namun tidak banyak orang tahu, jika selain jadi makanan, gethuk goreng ternyata juga bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Gethuk Goreng mengandung banyak karbohidrat yang diperoleh dari dari bahan utamanya yaitu singkong yang diproses dan olah menjadi getuk goreng.

Banyak yang mengira kalau makanan ini berserat dan susah untuk dicerna. Selain itu banyak yang menganggap makanan ini ndeso atau kampungan.

Namun tidak banyak yang mengetahui jika makanan ini justru sangat baik untuk kesehatan dan melancarkan sistem pencernaan. Memakan gethuk goreng juga bisa menyelamatkan Anda dari penyakit mematikan ini.

Lalu apa sih manfaat makan gethuk goreng ini untuk kesehatan?

Berikut manfaat makan gethuk goreng bagi kesehatan :

1. Mendukung fungsi pencernaan

Gethuk goreng, yang terbuat dari singkong, mengandung serat makanan yang terutama bersifat serat tak larut dalam air. Ini berarti serat ini tidak larut sepenuhnya dalam air dan cenderung mempertahankan bentuknya saat melewati saluran pencernaan.

Serat tak larut dalam air membantu mendorong pergerakan makanan melalui saluran pencernaan dengan meningkatkan volume dan kekenyalan tinja. Ini dapat mencegah atau mengurangi risiko sembelit dan menjaga kesehatan umum sistem pencernaan.

2. Mengendalikan berat badan

Gethuk goreng, sebagai makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat, dapat berperan dalam membantu mengendalikan berat badan.

Gethuk goreng mengandung serat makanan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Serat memperlambat proses pencernaan, sehingga makanan lebih lama tinggal di perut dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal ini dapat membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan atau camilan yang tidak sehat.

3. Sumber energi

Gethuk goreng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting yang merupakan sumber utama energi bagi otot dan otak.

Singkong yang digunakan dalam pembuatan gethuk goreng mengandung karbohidrat kompleks, yang dikenal sebagai amilosa dan amilopektin. Karbohidrat kompleks ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, seperti gula.

Hal ini menyebabkan energi yang dihasilkan dari karbohidrat kompleks dapat bertahan lebih lama dan memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

BACA JUGA:Tak Hanya Dijuluki Raja Buah, Ternyata Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

4. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah di atas normal. Untuk mencegahnya anda bisa melakukan dengan rutin mengkonsumsi getuk goreng.

Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam makanan ini terbukti mampu mencegah penyakit diabetes.

5. Menjaga kesehatan jantung

Jantung adalah organ yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk menjaga kesehatan jantung maka, anda bisa dengan rutin mengkonsumsi makanan ini.

Gethuk goreng dapat memberikan manfaat kesehatan jantung melalui kandungan serat makanannya. Gethuk goreng yang terbuat dari ketela pohon mengandung serat makanan, terutama serat larut.

Serat larut dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan aterosklerosis (pengerasan arteri).

6. Mencegah kerusakan jaringan otot

Manfaat lainnya dari getuk juga mampu mencegah kerusakan pada jaringan otot. Tentu, hal ini akan membahayakan kondisi tubuh anda.

Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu mencegah kerusakan jaringan otot.

7. Mencegah anemia

Umbi-umbian bahan utama dalam pembuatan gethuk goreng, mengandung zat besi yang penting untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen ke seluruh tubuh.

Mengonsumsi gethuk dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan zat besi.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber