Tak Hanya Dijuluki Raja Buah, Ternyata Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Tak Hanya Dijuluki Raja Buah, Ternyata Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ilustrasi raja buah--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Tak Hanya Dijuluki Raja Buah, Ternyata Buah Ini Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan. Belakangan ini, kita banyak melihat durian yang dijual di pinggir jalan. Yap! Saat ini memang sudah masuk musim durian.

Buah durian dikenal dengan aromanya yang menyengat dan kulitnya yang dipenuhi duri tajam, teman-teman. Meski punya aroma yang tajam, daging buahnya memiliki warna kekuningan dengan rasa lezat yang banyak digemari oleh masyarakat.

Buah yang memiliki nama latin Durio Zibethinus ini sangat mudah ditemukan di daratan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Durian termasuk dalam buah musiman, yang artinya buah durian hanya bisa dinikmati saat musim panen tiba.

Oleh karena itu, meski sudah musim panen, buah durian umumnya dijual dengan harga yang relatif mahal. Di balik harganya yang relatif mahal, durian mendapat julukan sebagai king of fruits atau raja buah.

Selain itu, durian juga memiliki beberapa manfaat yang berpotensi menguntungkan bagi kesehatan manusia.

Berikut ini adalah beberapa manfaat durian bagi kesehatan yang diketahui:

1. Sumber nutrisi

Durian mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, serat, vitamin B kompleks, mangan, dan potasium.

Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melawan infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Vitamin B kompleks dalam durian termasuk vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), dan vitamin B6. Vitamin B kompleks berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf, mengubah makanan menjadi energi yang digunakan oleh tubuh, serta mendukung fungsi metabolisme yang sehat.

Durian juga mengandung mineral mangan dan potasium. Mangan berperan dalam pembentukan tulang dan memainkan peran penting dalam berbagai reaksi enzimatik dalam tubuh. Potasium penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan fungsi otot yang sehat, termasuk kontraksi otot yang normal.

2. Kaya Antioksidan

Durian mengandung senyawa-senyawa antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan fitonutrien karotenoid. Antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Hal ini dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. Dengan mengonsumsi durian, Anda dapat mendapatkan manfaat antioksidan ini untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

3. Sumber energi

Durian mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi yang berkelanjutan bagi tubuh. Karbohidrat adalah salah satu nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsi sehari-hari.

Dengan mengonsumsi durian, Anda dapat memperoleh asupan karbohidrat yang dapat digunakan sebagai sumber energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Karbohidrat kompleks dalam durian memberikan energi yang tahan lama, membantu menjaga daya tahan tubuh, serta memberikan kekuatan fisik yang diperlukan dalam aktivitas sehari-hari atau olahraga.

BACA JUGA:Ikuti Saran Kakek Tinggalkan Irisan Batang Serai di Sudut Ruangan, Setelah 1 Jam Begini Hasilnya

4. Menyehatkan tulang

Durian mengandung kalsium dan fosfor, dua mineral penting yang berperan dalam kesehatan tulang.

Kalsium adalah komponen utama dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Tubuh membutuhkan asupan kalsium yang cukup untuk menjaga kepadatan tulang, mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis), dan mendukung fungsi otot dan sistem saraf.

Fosfor juga penting dalam pembentukan dan pemeliharaan struktur tulang yang kuat. Mineral ini bekerja sama dengan kalsium untuk membentuk kristal hidroksiapatit, yang memberikan kekuatan dan kepadatan pada tulang.

5. Menyehatkan kulit

Durian mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Vitamin C dalam durian berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang membantu menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Kolagen memberikan struktur dan kekuatan pada kulit, sehingga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

Durian juga kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan vitamin E. Antioksidan melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber