Ikuti Saran Kakek Tinggalkan Irisan Batang Serai di Sudut Ruangan, Setelah 1 Jam Begini Hasilnya

Ikuti Saran Kakek Tinggalkan Irisan Batang Serai di Sudut Ruangan, Setelah 1 Jam Begini Hasilnya

Ilustrasi batang serai--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Ikuti saran kakek tinggalkan irisan batang serai di sudut ruangan, setelah 1 jam begini hasilnya. Serai, juga dikenal sebagai rumput sereh atau serai wangi, adalah sejenis tumbuhan herba yang populer digunakan dalam masakan, minuman, dan pengobatan tradisional.

Dalam masakan, serai merupakan salah satu bumbu yang sangat umum digunakan di berbagai masakan Asia Tenggara, terutama dalam hidangan Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam. Daun serai sering digunakan untuk memberikan rasa segar dan aroma khas pada kuah, sup, saus, dan hidangan berbasis santan.

Serai juga digunakan dalam marinasi daging, seafood, atau ayam untuk memberikan rasa yang lezat. Selain digunakan dalam masakan, serai juga memiliki sifat pengobatan tradisional yang terkenal.

Minyak esensial serai dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, seperti meredakan nyeri otot dan sendi, meningkatkan pencernaan, mengurangi nyeri kepala, dan meredakan stres.

Serai memiliki aroma yang khas dan segar, dengan sentuhan sitrus dan herbal. Aroma yang kuat ini berasal dari minyak esensial yang terdapat dalam tumbuhan serai.

berkat aromanya yang menyegarkan, serai bisa dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. Dengan memanfaatkan serai sebagai pengharum ruangan, Anda tak perlu lagi menghabiskan uang untuk pewangi komersial.

Ini juga tidak berbahaya bagi kesehatan karena alami, tidak seperti pewangi komersial berbahan kimia. Anda bisa memanfaatkan serai bersama bahan dapur lainnya untuk membuat ruangan di rumah Anda menjadi wangi.

Berikut bahan alami yang digunakan sebagai pengharum ruangan :

1. Batang Serai

Batang serai sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat. Mulai dari bumbu dapur, minuman herbal, bahkan digunakan sebagai essential oil yang berfungsi sebagai relaksasi.

Di luar itu, batang serai juga bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan lho. Caranya adalah potong batang terlebih dahulu agar aromanya menyeruak. Kemudian letakkan dalam wadah untuk ditempatkan pada area ventilasi serta sudut ruangan.

2. Lemon

Untuk menjaga rumah Anda bebas dari bau, menggunakan lemon membuat ruangan memiliki bau yang segar. Caranya, letakkan beberapa potongan lemon ke sudut-sudut ruangan yang bau dan biarkan selama beberapa detik.

Irisan lemon dapat menghilangkan bau yang tidak sedap dan memberi aroma segar di ruangan. Atau rebus beberapa irisan lemon dalam panci berisi air. Biarkan lemon dan air mendidih hingga kering untuk menghilangkan bau masakan di udara.

3. Kayu Manis

Sudah banyak pengharum ruangan yang menawarkan sensasi aroma kayu manis dalam produknya. Namun berbeda dengan kayu manis asli yang mampu menyerap aroma tak sedap, pengharum ruangan berbahan kimia cenderung bikin mual ketika baunya bercampur dengan yang lain.

Kayu manis memang memiliki aroma yang lembut dan sifatnya seolah menyerap bau lain di sekitarnya. Nggak heran jika kayu manis ini sering dijadikan pengharum ruangan alami di tempat umum seperti hotel, kedai kopi, hingga rumah makan. Kamar kamu bakal jadi lebih nyaman untuk berlama-lama di dalamnya.

BACA JUGA: Mau Rumah Aman dari Tikus? Berikut 7 Cara Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Tikus

4. Kopi

kopi dapat digunakan sebagai pengharum ruangan yang alami. Aroma kopi yang khas dan menyenangkan dapat menambahkan suasana yang hangat dan mengundang di dalam ruangan.

Cara menggunakan kopi sebagai pengharum ruangan pun sederhana. Letakkan bubuk atau biji kopi di tempat sirkulasi udara pada setiap ruangan. Dijamin ruangan menjadi lebih tenang berkat aroma lembut yang dikeluarkan kopi.

Ruangan yang nyaman untuk beraktivitas nggak cuma sekadar melalui dekorasi dan penataan tempat. Dengan memastikan ruangan memiliki aroma sedap pun juga bisa membuat kamu makin betah berlama-lama beraktivitas di dalamnya.

5. Vanilla

Anda juga bisa menghilangkan bau tidak sedap dari udara dan ganti dengan aroma segar menggunakan vanilla.

Rendam beberapa bola kapas dalam ekstrak vanilla murni dan taruh di atas piring atau mangkuk kecil. Tempatkan piring atau mangkuk di sekitar area untuk menghilangkan bau dari rumah.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber