Dibalik Keindahan Pantai Tanjung Kesirat Gunungkidul, Ada Fakta yang Tak Terbayangkan

Dibalik Keindahan Pantai Tanjung Kesirat Gunungkidul, Ada Fakta yang Tak Terbayangkan

kesirat--Dibalik Keindahan Pantai Tanjung Kesirat Gunungkidul,

DISWAYJATENG.ID - Surganya wisata merupakan salah satu julukan untuk kota yang sudah tak asing didengar yaitu Jogjakarta. Jogjakarta menyimpan sejuta keindahan mulai dari wisata budaya sampai ke wisata alam dan pantainya. 

 

Ada salah satu pantai unik dan berbeda dengan pantai pantai lain pada umumnya sebut saja Pantai Kesirat. Pantai Kesirat ialah pantai yang mempesona dengan ciri khasnya yaitu pantai yang tidak mempunyai pesisir pantai tapi hanya mempunyai ciri khas tebing karang yang berbatasan langsung dengan laut dalam. 

 

Tak bisa menyentuh air namun hanya bisa mendengarkan suara- suara deruan ombak yang menabrak sisi karang dan melihat indahnya pesona pantai dari atas tebing.

 

BACA JUGA: 

Ingin Mendaki Gunung Rinjani? Simak Ini Rutenya, Dijamin Mudah dan Aman!

 

Disini kita juga bisa mendirikan tenda dan bermalam sambil menunggu pagi untuk menyambut terbitnya sang mentari. Uniknya lagi selain sunrise disini kita juga bisa menikmati senja yang istimewa. Di bibir pantai ini terdapat sebuah pohon besar yang unik berdiri sendiri dan menjadi salah satu spot terbaik dipantai ini.

 

Pantai kesirat memiliki pesona tersendiri tidak seperti pantai-pantai pada umumnya di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai Kesirat memiliki karakter yang sangat unik dengan pantai berbentuk tebing dan karang. Tidak heran Pantai Kesirat menjadi tempat favorit wisatawan yang hobby fotografi.

 

Cerita Mistis Pantai Kesirat Yogyakarta

 

Pantai di Selatan Pulau Jawa memang mempunyai cerita mistis dan mitos yang sangat kental. Pantai Kesirat menjadi salah satu pantai yang disakralkan oleh masyarakat sekitar. Setiap setahun sekali masyarakat sekitar mengadakan tradisi yang diberi nama ngalap berkah atau brubuh brubuh. Tujuan dari tradisi ini ialah untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, salah satunya dengan tidak menebang pohon sembarangan. Masyarakat sekitar baru menebang pohon saat sudah mau musim panen padi. Selain itu tradisi brubuh-brubuh juga salah satu cara untuk pengucapan syukur pada yang maha kuasa.




Lokasi dan Akses Pantai Kesirat

 

Pantai Kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul

 

Akses yang dilalui untuk menuju Pantai jalannya sangat sulit dan berkelok- kelok dan sangat menantang. Dari pusat kota Jogjakarta menuju pantai ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam.

 

Harga Tiket Masuk Pantai Kesirat

 

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Kesirat Yogyakarta, kalian tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburan kalian ke Pantai Kesirat Jogjakarta.



Seperti kami yang tak bisa menikmati waktu menunggu ikan melahap umpan adalah menanti senja. Tebing pantai yang menghadap ke barat menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan matahari kembali ke peraduan, seolah tenggelam ke dalam lautan. 

 

Senja di Pantai Kesirat semakin dramatis dengan pohon abadi yang condong ke arah laut, seakan melambai ke arah matahari, mengucapkan selamat tinggal. Kami terduduk terpaku seolah terhipnotis keindahan gradasi warna kuning terang hingga biru pekat hasil karya Tuhan. Cahaya keemasan yang mewarnai langit barat dan memantul di perairan pun semakin redup seiring datangnya malam, menyisakan siluet hitam pohon abadi yang berdiri sendirian.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dibalik keindahan pantai tanjung kesirat gunungkidul