Bubur diBakar? Kalian Bisa Mencicipi Kuliner Ini yang Ada diKota Tegal

Bubur diBakar? Kalian Bisa Mencicipi Kuliner Ini yang Ada diKota Tegal

bubur bakar--Bubur diBakar? Kalian Bisa Mencicipi Kuliner Ini yang Ada diKota Tegal

DISWAYJATENG.ID - Semangkuk bubur ayam memang sangat cocok untuk dijadikan santapan di pagi hari.

Muncul sensasi baru untuk makan bubur di Tegal Jawa Tengah. Bukan sekadar dibuat bubur lalu dimakan, tapi ini dimasak juga dengan cara dibakar, makanya dinamakan bubur bakar.

 

Bubur bakar pertama di Tegal ini bernama Bubur Bakar Artomoro. Cara memasaknya cukup unik, yakni bubur yang sudah matang ditaruh di atas clay pot atau mangkuk yang terbuat dari tanah liat, lalu dibakar di atas arang sehingga aroma nya lebih harum. Bubur juga disiram oleh saus mongolian yang memiliki cita rasa pedas dan manis.


BACA JUGA: 

Ramai Diminati! Ini Dia Rahasia 6 Olahan Pasta yang Cocok untuk Bisnis Kuliner Kekinian

 

Kuliner lembut, hangat dan bergizi itu biasanya juga dijadikan sebagai menu sarapan.

 

Eits, tapi bagaimana ya jika menikmati santapan bubur yang berbeda dari biasanya?

 

Di Kota Tegal ada bubur bakar yang sedang hits di kalangan masyarakat, yakni Bubur Bakar Artomoro yang beralamat di Jalan Semeru Kota Tegal atau tepatnya 100 meter selatan Stasiun Tegal.

Dalam sehari, kedai milik Widiatmoko (35) ini bisa mengabiskan 200-300 porsi dalam waktu 2 sampai 3 jam saja.

 

Supaya makin nikmat, tempat makan ini juga menawarkan menu bubur bakar dengan beraneka toping. Salah satu menu yang spesial, yakni bubur bakar dengan toping telur pitan atau telur hitam yang diproses seperti telur asin.



Ada 3 varian bubur di sini, bubur dengan toping ayam, toping ikan cakalang suwir dan tumpang koyor atau otot sapi.



"Ada 3 menu di sini, ada bubur ayam, ikan cakalang dan otot sapi. Kita juga menyediakan toping-toping yang lain, seperti ati ampela," katanya saat ditemui.

 

Harganya juga bervariasi, Rp10.000 untuk bubur ayam, Rp15.000 untuk satu porsi bubur ikan cakalang dan Rp17.000 untuk satu porsi bubur tumpang koyor.

 

Moko sapaan akrabnya mengaku sengaja menjual bubur ayam dengan cara dibakar. Hal itu tentunya untuk menarik minat masyarakat juga agar berbeda dari bubur lainnya.

 

Terbukti, kedai yang belum lama dibuka itu, sempat viral dan ludes dalam waktu hitungan jam.

 

"Biasanya kan bubur disajikan di mangkuk biasa. Ini kita sajikan dalam clay pot khusus kemudian dibakar di atas arang. Setelah 15 menit, bubur disajikan kepada pengunjung," ucapnya.

 

Selain cara penyajian yang berbeda, cita rasa bubur bakar juga memiliki khas tersendiri, yakni aroma sangit akibat proses pembakaran. Begitu juga teksturnya yang menjadi lebih kenyal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bubur dibakar? kalian bisa mencicipi kuliner ini yang ada dikota tegal