Merokok dan Segudang Bahaya Bagi Kesehatan Anda, Yakin Masih Mau Merokok?

Merokok dan Segudang Bahaya Bagi Kesehatan Anda, Yakin Masih Mau Merokok?

Kebiasaan merokok memiliki segudang bahaya bagi kesehata anda--

DISWAYJATENG – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan efek negatif merokok dengan segudang bahayanya. Anda juga sering melihat tulisan dilarang merokok pada hampir semua tempat.

Ini menunjukkan bahwa merokok meman g lebih banyak menimbulkan efek negative bagi kesehatan setiap orang. Terlebih lagi bukan bagi si perokoknya saja, siapapun yang menghirupnya juga memiliki risiko yang sama.

Merokok menjadi terlarang karena banyaknya bahaya yang dapat mengganggu kesehtan tubuh anda. Setiap rokok yang ada hisap, meningkatkan anda terkena penyakit jantung. Menurut penelitian, setidaknya sebanyak 20% kematian akibat dari penyakit jantung terkait langsung dengan kebiasaan merokok.

Kandungan Rokok

Lalu mengapa rokok begitu sangat berbahaya serta  apa saja efek negatif lainnya dari merokok. Bahaya merokok timbul karena kandungan –kandungan yang terdapat pada sebatang rokok.  Lebih dari 4000 bahan kimia terdapat dalam sebatang rokok.

Setidaknya, 60 dari bahan kimia tersebut mampu menyebabkan kanker. Bahan-bahan berbahaya pada sebatang rokok antara lain:

1.    Tar

Ketika anda merokok, kandungan tar dalam rokok akan ikut terhisap. Zat ini akan mengendap dalam paru-paru anda dan berdampak negatif pada kinerja rabut halus yang melapisi paru-paru. Padahal rambut tersebut bertugas untuk mendorong kuman serta partikel asing keluar dari paru-paru anda.

Tar dalam asap rokok mengandung berbagai bahan kimia karsinogen, yang dapat memicu perkembangan sek kanker dalam tubuh.

2.    Karbon Monoksida

Zat yang tidak bisa terlihat atau terasa ini , kerap orang temukan dalam asap knalpot mobil. Zat ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen. Sehingga menghalangi suplai oksigen ke seluruh tubuh. Karbon monoksida ini cenderung membuat anda merasa kehabisan napas dan juga menjadi lebih mudah lelah.

3.    Benzene

Zat yang sering menjadi tambahan ke dalam bahan bakar minyak ini bisa merusak sel pada tingkat genetic. Zat ini juga berktan dengan berbagai  jenis kanker sepertikanker ginjal dan leukemia.

4.    Gas Oksidan

Gas ini bisa bereaksi dengan oksigen. Keberadaan oksidan dalam tubuh meningkatkan risiko terjadinya stroke dan serangan jantung.

Selain bahan-bahan tersebut tadi, masih banyak kandungan zat kimia beracun pada sebatang rokok seperti arsenic (untuk pestisida), formalin yang untuk mengawetkan mayat, hydrogen cyanide yanguntuk membuat senjata kimia dan juga ammonia.

 

Gangguan Kesehatan Akibat Rokok

 

Kandungan zat kimiayang terdapat dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan anda dan juga orang-orang pada sekitar anda. Berikut bahaya dari merokok, antara lain:

1.    Gangguan Kardiovaskuler

Ketika anda merokok, anda akan lebih mungkin terkena seragan jantung. Perokok berisiko terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Lebih tinggi lagi jika perokok adalah seorang wanita  yang sedang mengonsumsi pil KB.

Saat merokok, anda memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi tubuh, khususnya jantung. Sebagai contoh zat nikotin, ketik nikotin masuk kedalam tubuh zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang dapat masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah serta merusak pembuluh darah dalam jantung.  Juga memungkinkan terjadinya penggumpalan darahyang bisa memicu serangan jantung. Begitu juga dengan akibat-akibat buruk terhdap organ tubuh yang lainnya.

2.    Otak

Merokok bisa meningkatkan risiko terkena stroke sebesar 50 %. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan otak dan kemaitan. Merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami aneirisma otak. Aneurisma otak adalah pembengkakan pembuluh darah yang terjadi akibat melemahnya dinding pembuluh darah. Sewaktu-waktu bisa saja pecah dan mengakibatan pendarahan pada otak.

3.    Mulut dan tenggorokan

Bau mulut serta gigi bernoda merupakan efek yang akan timbul akibat merokok. Penyakit gusi dan kerusakan indera perasa pun dapat timbul akibat bahaya merokok. Masalah serius yang akan hinggap pada muut dan tenggorokan adalah meningkatnya risiko kanker padalidah, tenggorokan , bibir, dan pita suara.

4.    Paru-Paru

Salah satu efek yang paling berbahaya akibat merokok adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel paru-paru yang kemudian bisa berubah menjadi sel kanker. Penyakit serius lainnya yang bisa anda alami adalah bronchitis, pneumonia dan emfisema.

5.    Lambung

Merokok bisa menyebabkan asam lambung naik. Risiko lainnya adalah ulkus atau tukak lambung serta kanker lambung.

6.    Tulang

7.    Kulit

8.    Organ reproduksi

9.    Gangguan psikologis

BACA JUGA:Cairan Dalam Paru-Paru, Apa Penyebab, Gejala serta Bagaimana Penanganannya?

Nah, itulah segudang bahaya yang timbul akibat kebiasaan merokok. Maka mulai sekarang hentikan kebiasaan merokok demi kesehatan anda. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: