Mengenal Camilan Olos Khas Tegal dan Cara Membuatnya

Mengenal Camilan Olos Khas Tegal dan Cara Membuatnya

Olos khas Tegal-Foto by: WartaBromo-

DISWAYJATENG.ID Tegal adalah daerah yang memiliki banyak sekali surga kuliner yang sukit dijumpai di daerah lain, mulai dari tahu aci, sate kambing muda, sampai dengan makanan yang satu ini yaitu olos. Kalian akan sulit sekali mencunpai olos selain di Tegal. 

Olos merupakan jajanan khas Tegal yang menurut wikipedia diperkirakan dibuat oleh warga jarirawa, kecamatan tarub yang memiliki bentuk bulat tak sempurna dan terkesan acak-cakan serta teksturnya keras. Namun pada dasarnya olos ini berbentuk bulat dan terbuat dari tepung aci dan terigu , kemudian memiliki isian berpua potongan sayaur kol dan irisan cabai rawit. Nah rasa pedas dan gurih ini yang membuat olos digemari oleh banyak kalangan.

 

Di daerah Kabupaten Tegal kalian bisa menjumpai olos pada penjual gorengan yang ada dipinggir jalan, Penjual olos biasanya menjajakan dagangannya dengan menggunakan gerobak. Tak perlu khawatir karena olos adalah jajan yang murah meriah, harganya hanya 250-500 Rupiah per butir.

 

Salah satu penjual olos yang paling terkenal dan banyak dikenal dikalangan anak muda yaitu olos jatirawa, yang bertempat di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Namun tak perlu khawatir bagi kalian yang ingin mencicipi olos jatirawa tetapi jaraknya jaug dari rumah kalian, karena olos jatirawa sudah memeliki banyak sekali cabang, dan juga sudah memiliki olos frozen food yang bisa kalian goreng dirumah. 

 

Saat ini olos semakin berkembang menjadi bervariasi. Pada awal kemunculannya olos hanya diisi dengan irisan kol dan cabai. Kini, ada berbagai varian isian olos, seperti ayam suwir, telur puyuh, bakso, sosis, dan keju.

Selain itu, beberapa penjual menyediakan bumbu aneka rasa seperti balado, jagung manis, keju, serta serbuk cabai.

Meskipun begitu, Olos Jatirawa lebih memilih untuk hanya menjual olos dengan isian kol dan cabai. Dirinya pernah membuat olos dengan berbagai varian isi tetapi tidak terlalu banyak peminatnya.

Bagi kalian yang ada diluar kota ingin mencicipi lezatnya olos namun belum bisa berkunjung ke Tegal, kaian bisa membuatnya sendiri dirumah dengan cara berikut ini :

Bahan olos:

10 sdm tepung terigu

10 sdm tepung kanji atau tapioka

Penyedap rasa rasa ayam atau sapi secukupnya

Lada secukupnya

Garam secukupnya

2 siung bawang putih, haluskan

Air panas secukupnya

Bahan isian:

10 Lembar daun kol, iris tipis dan kecil

20 biji cabai rawit merah dan hijau, potong kecil

2 siung bawang putih

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Cara membuat:

1. Campurkan bahan olos yang terdiri dari tepung terigu, tepung tapioka, penyedap rasa, lada, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan air

2. Aduk dan campur adonan hingga merata

3. Siapkan bahan untuk isian

4. Panaskan minyak, kemudian tumis bahan isian olos

5. Tunggu hingga matang, kemudian angkat

6. Ambil sedikit adonan olos dan beri isian di tengahnya, kemudian bentuk bulat

7. Ulangi hingga adonan habis

8. Panaskan minyak, masukkan adonan olos yang sudah berbentuk bulat

9. Tunggu hingga matang, kemudian angkat dan tiriskan

10. Olos khas Tegal siap dinikmati

Nah bagaimana? Kalian bisa mencobanya sendiri dirumah tanoa harus pergi ke tegal untuk mencicipi rasa pedas gurih yang lezat pada jajanan olos ini. Namun bila kalian ingin mencicipi rasa otentik dari kuliner satu ini silakan kalian berkunjung ke Tegal, dan kalian akan menjumpai makanan satu ini di pinggir-pinggir jalan. 

 (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radartegal