Pecinta Pedas Merapat! Inilah10 Daftar Makanan Pedas Khas Indonesia yang Populer dan Kekinian, Nampol Abis

Pecinta Pedas Merapat! Inilah10 Daftar Makanan Pedas Khas Indonesia yang Populer dan Kekinian, Nampol Abis

makanan pedas khas indonesia--foto dialeksis.com

DISWAY JATENG - Indonesia memiliki varian makanan pedas yang cukup banyak. Melimpahnya cabai sebagai komoditas lokal menjadikan hidangan Indonesia kaya akan bumbu pedas.

Menurut survei oleh Licorice, 93,6% orang Indonesia menyukai makanan pedas. Hanya 6,4% yang tidak terlalu menyukai makanan pedas. Sebagai pendamping beragam hidangan, orang Indonesia biasanya menambahkan cabai agar makanan menjadi pedas.

Penikmat cabai perlu mengetahui, bahwa menyantap makanan pedas khas Indonesia ini ternyata juga membawa manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan pedas sekali sehari, selama 6 hingga 7 hari seminggu dapat menurunkan angka kematian sebesar 14%, menurut sebuah studi tahun 2015 oleh Harvard and China National Center for Disease Control and Prevention.

Berikut Makanan Pedas Khas Indonesia yang Cocok untuk Disantap :

1. Seblak

Seblak merupakan makanan pedas khas Indonesia yang berisi kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan topping tambahan seperti mie, makaroni, telur, ceker, bakso, sosis, ayam, dan lain-lain.

BACA JUGA:Jangan Pandang Sebelah Mata: Berikut Ini Manfaat Dahsyat Makanan Pedas, Nomor 3 Sangat Menarik

Hidangan ini biasanya disajikan di gerobak atau warung, di beberapa tempat kalian bisa bebas memilih topping yang diinginkan sesuai selera. Kalian juga bisa atur sendiri tingkat kepedasannya. Harganya bervariasi, biasanya mulai dari Rp.10.000,- hingga Rp.20.000,-

2. Dendeng Balado

Dendeng balado merupakan hidangan khas Sumatra Barat yang terbuat dari daging sapi. Daging sapi harus melalui banyak proses untuk bisa menjadi dendeng yang crispy. Daging pertama direbus, lalu dijemur sampai kering, dan terakhir akan digoreng.

Dendeng kemudian disajikan dengan sambal balado yang terbuat dari cabai merah, bawang, dan juga garam. Perpaduan antara rendang yang renyah dengan sambal yang pedas ini dijamin membuat susah berhenti makan.

3. Bakso Mercon

Bakso mercon adalah salah satu makanan pedas asal Garut. Sesuai namanya, bakso ini dijamin membuat mulut meledak dengan kepedasannya.

Bakso mercon merupakan hidangan bakso yang diselimuti oleh kuah cabai dan sambal yang berlimpah. Warnanya yang merah pekat pasti membuat siapa pun yang melihatnya turut ngiler. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: