Makanan Khas Tegal Terpopuler, Nomor 2 ini Paling Sedep dan Nikmat

Makanan Khas Tegal Terpopuler, Nomor 2 ini Paling Sedep dan Nikmat

Glotak Makanan Khas Tegal --by.fnb.preneur

2. Glotak 

Banyak orang yang mungkin belum pernah mengetahui dan mencicipi kuliner khas Tegal yang satu ini. Namanya glotak, ini merupakan makanan yang berbahan utama gembus, adalah semacam oncom yang memasaknya bersama beragam bumbu untuk menciptakan cita rasa yang lezat. 

Sebutan glotak ini sendiri berasal dari suara “glotak-glotak” saat proses memasaknya. Makanan ini biasanya bisa menambahkan dengan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam ataupun tulang sapi agar lebih sedap.

Glotak bisa juga dengan menambahkan irisan cabai supaya cita rasanya semakin kaya. Sebagai pelengkapnya, kamu juga bisa menikmati dan merasakan Glotak ini bersama kerupuk antor atau kerupuk mie. Dengan perpaduan rasa yang sempurna tentunya bikin kamu ingin menyantapnya lagi dan lagi.

BACA JUGA: Referensi Kota Dengan Destinasi Kuliner terbaik, Nomor 4 ini Kita Tidak ingin Pulang Kembali 

3. Nasi Lengko

Hidangan khas Tegal berikutnya yaitu Nasi Lengko. Makanan ini menyajikannya dengan sederhana namun menggugah selera. Nasi Lengko merupakan nasi panas yang sudah menatanya dalam piring kemudian memberinya tambahan topping seperti potongan tauge, tempe, tahu dan mentimun. 

Selanjutnya, menyiraminya dengan bumbu kacang dan memberinya kerupuk kuning sebagai pelengkap. Bumbu kacang ini yang terdapat dalam Nasi Lengko sangatlah khas karena lebih kental dan terasa pedas ketika memakannya. Selain itu pula, porsinya cukup pas sebagai menu sarapan.

4. Blendung

Untuk makanan populer khas Tegal selanjutnya adalah yang berbahan dasar jagung dan bernama Blendung. Blendung ini juga menjadi salah satu makanan khas Tegal yang mudah kamu temui saat berkunjung ke pasar-pasar tradisional. 

Makanan khas Tegal ini terbuat dari jagung yang melalui prose perebusan sampai empuk kemudian memberinya sedikit garam, penyedap dan tersajikan bersama parutan kelapa.

Kombinasi bahan makanan tersebut berpadu dengan manisnya jagung yang menciptakan rasa gurih dan enak.  Itulah sebabnya tatkala sedang berkunjung ke Tegal, makanan yang khas satu ini wajib banget kamu cobain.

5. Kemronyos

Bagi mereka yang suka dan sebagai penggemar makanan berbahan dasar kambing. Maka menu makanan khas Tegal yang satu ini adalah wajib menjadi incaran utama saat berwisata ke Kota Tegal. Karena Kemronyos atau sate kambing khas Tegal ini, berbeda dengan sate kambing pada umumnya.

Sate yang satu ini membakar dan menyajikannya tanpa bumbu kacang ataupun bumbu kecap sehingga teksturnya garing luarnya dan juicy untuk dalamnya. Dan ini dari daging kambing akan lebih dominan saat menyantapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: by.travelloka