Inilah 15 Kuliner Khas Kota Bandung

Inilah 15 Kuliner Khas Kota Bandung

15 Kuliner Khas Bandung.--

DISWAYJATENG.ID - Bandung adalah kota metropolitan yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Kota ini dikenal memiliki banyak makanan atau jajanan yang khas. Berikut ini 15 kuliner khas Kota Bandung.

1. Mie Kocok Bandung

Kuliner khas Bandung yang pertama ada mie kuah khas daerah Bandung, makanan ini terdiri dari mie kuning, daging sapi empuk, pangsit dan kuah kaldu gurih.

2. Nasi Timbel

Keuda ada Nasi Timbal, hidangan ini merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang serta disajikan bersama lauk pauk seperti ayam goreng, ikan bakar, tempe dan sambal.

3. Batagor

Selanjunya batagor, batagor yaitu makanan yang terbuat dari adonan bakso dan tahu digoreng lalu disajikan dengan saus kacang dan kecap.

4. Surabi

Surabi, makanan ini merupakan jenis kue tradisional asal Bandung berupa adonan tepung beras goreng dengan taburan kelapa parut serta gula merah cair pada saat penyajiannya.

5. Cireng

Cireng atau aci digoreng ialah jajanan khas Bandung yang terbuat dari bola-bola tepung kanji yang digoreng hingga crispy serta disajikan dengan saus kacang sebagai pelengkapnya.

6. Baso Cuanki

Baso Cuanki merupakan hidangan baso yang berisi daging sapi dalam kuah kacang. Kuah ini memiliki bahan dasar dari kacang tanah ditambahkan mi, tahu serta pangsit untuk melengkapi rasanya.

7. Soto Bandung

Soto bandung adalah sup bening berbahan dasar daging sapi segar ditambah daun bawang , tomat ,dan juga bawang goreng sebagai penghasil aroma harum nya .

8. Siomay

Selanjutnya siomay. Siomay ialah jajanan dimsum khas Bandung yang berisi irisan ikan tenggiri plus udang dikombinasikan bersama tepung tapioka kemudian di kukus sampai matang . Disajikan beserta saus kecap dan saus kacang sebagai pelengkapnya .

9. Colenak

Colenak yaitu sejenis jajan atau makanan penutup yang terbuat dari ketan panggang serta disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah .

10. Cilok

Cilok merupakan bola-bola tepung tapioka yang direbus kemudian dihidangkan beserta saus kacang ataupun saus pedas sebagai pelengkapnya.

11. Kupat Tahu

Kupat tahu merupakan makanan tradisional yang berasal dari Jawa Barat yang terdiri dari nasi ketupat, tahu goreng, taoge, ditambah kuah kacang.

12. Bubur Ayam

Bubur ayam adalah bubur nasi yang dimasak bersama kaldu ayam dan disajikan dengan ayam suwir , kerupuk , daun bawang serta bawang goreng sebagai pelengkap rasa nya .

13. Sate Maranggi

Makanan khas bandung selanjutnya yakni sate daging sapi berbumbu khas lalu dibakar sampai matang. Sate ini biasanya dinikmati dengan lontong, bawang goreng dan sambal sebagai penghasil cita rasa nya.

14. Martabak Manis

Martabak manis yaitu martabak isi cokelat, keju,kacang serta susu. Martabak ini umumnya dilengkapi oleh taburan meses untuk memperkuat citarasanya .

15. Soto Mie

Makanan khas Bandung yang terakhir ini merupakan perpaduan antara mie kuning dalam kuah kaldu plus potongan daging ayam atau sapi juga bihun lengkap dengan rempah-rempah lainnya.

Itulah beberapa makanan atau jajanan khas kota Bandung yang bisa Anda santap ketika berada di Kota Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: