Kuliner Khas Brebes Yang Enak dan Gurih Yang Wajib Anda Coba

Kuliner Khas Brebes Yang Enak dan Gurih Yang Wajib Anda Coba

Telur asin Brebes--By.bukalapak

Pada bagian atasnya sering memberinya dengan taburan bawang goreng dan kerupuk untuk menambah rasa enak makanan. Untuk bisa membedakan kupat ini dari kupat lainnya yaitu potongan daging sapi berbentuk dadu dalam piringnya. 

Rasa gurih dan manisnya ini turut menyemarakkan mulut ketika mengunyahnya. Untuk dapat menyantap Kupat Glabed ini, wisatawan hanya perlu merogoh kocek 15,000 rupiah.

Lokasinya : Kauman, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

3. Sate Blengong

Tidak lengkap ke Brebes bila tidak mencicipi lezatnya Sate Blengong. Menu ini menjadi teman kuliner dari Kupat Glabed.  Kombinasi dari manis dan gurih untuk kedua masakan tersebut menjadi idola bagi wisatawan. Ukuran satenya yang panjang dan besar memberikan rasa puas saat menyantapnya. 

Rahasia dari Sate Blengong adalah bahan dasarnya berasal dari daging menthok dan bebek, bukan daging ayam maupun kambing. Blengong sendiri ini menurut bahasa setempat adalah unggas dari hasil persilangan menthok dan itik. Makanya ini yang membuatnya beda dan bercita rasa menggoda.

Sate ini semakin lengkap rasanya dengan adanya bumbu kecap yang berisi irisan cabai, tomat dan bawang merah. Tak jarang menyajikannya pula dengan bumbu kacang. Rasanya yang empuk daging dengan bumbu pelengkap yang lezat semakin menambah sedap.

Lokasinya pada: Limbangan Wetan, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

4. Telur Asin

Wisata kuliner Brebes erikutnya yang paling populer yaitu telur asin. Kata orang, tidak afdol bila ke Brebes tidak menyantap kuliner ini.  Bahkan hampir semua wisatawan yang berkunjung pasti membawa pulang sebagai oleh-oleh bagi sanak keluarga dan rekan kerja.

Rasa asin pada bagian putih telur dan rasa nikmat bagian kuning telurnya sangat cocok menjadikannya teman makan nasi panas dan sayur-mayur. Saat ini olahan telur asin bukan hanya menawarkannya dalam rasa original namun ada pula telur asin bakar dan telur asin asap.

Harga per paket telur asin ini membandrolnya cukup terjangkau. Meskipun tidak mahal, tapi untuk kualitasnya tidak perlu meragukannya lagi, karena Brebes terkenal penghasil telur asin terbaik.

Lokasinya ada: Brebes Tengah, Kec. Brebes, Kab. Brebes.

5. Ketan Pecok

Ketan Pecok ini sudah ada sejak tahun 1960. Jajanan khas Brebes ini mempunyai cita rasa yang khas hingga kini. Rasanya masih sama dari dulu hingga sekarang. Rahasia dari kelezatan ketan berasal dari proses pengolahannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: itrip.id