Ini Dia 7 Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Keju

Ini Dia 7 Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Keju

Ini Dia 7 Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Keju-disway jateng-

DISWAYJATENG.IDKeju merupakan salah satu produk olahan susu yang terkenal dan banyak orang menyukai keju. Bhkan beberapa negara juga menjadikan keju sebagai bahan makanan pokok yang bisa mereka gunakan untuk berbagai jenis masakan.

Untuk kali ini kita akan membahas tentang 7 manfaat keju untuk kesehatan, antara lain:

1.Baik untuk kesehatan usus

Keju yang kita kenal merupakan olahan susu yang terbuat melalui proses fermentasi. Maka dari itu makanan fermentasi keju mengandung bakteri probiotik yang baik untuk meningkatkan bakteri pada usus.

 

2.Baik untuk kesehatan tulang dan otot

Keju juga mengandung nutrisi antara lain kalsium, protein, magnesium, seng, vitamin A, vitamin D, dan vitamin K. Hal ini tentu sangat baik bagi perkembangan tulang pada anak-anak dan remaja.

Dalam keju juga terkandung banyak whey protein yang sering kita pakai dalam suplemen untuk menambah masa otot. Bahkan kandungan tersebut juga baik untuk mencegah osteoporosis.

Ketika kita mengkonsumsi kalsium, protein, dan vitamin D yang cukup sangat penting untuk mencapai puncak masa tulang dan menjaga kesehatan tulang. Produk susu merupakan sumber optimal nutrisi untuk kesehatan tulang.

Keju juga sebagai sumber utama kalsium yang baik dan banyak kita gunakan oleh orang dewasa pada wilayah barat.

 

3.Baik untuk kesehatan pembuluh darah, otak, dan mencegah degenerasi saraf

Dari beberapa jenis keju mengandung kadar kolesterol dan natrium yang terbilang tinggi. Hal ini bisa berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular bila kita konsumsi terlalu banyak. 

Tetapi menurut penelitian produk olahan susu seperti keju dapat menjadi sumber antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Penelitian lain juga menjelaskan bahwa antioksidan dalam keju dapat melindungi efek negatif natrium dalam jangka pendek.

 

4.Menjaga berat badan yang sehat

Ketika orang dengan kelebihan berat badan akan memiliki kecenderungan memiliki kadar kalsium yang rendah. Kandungan kalsium yang tinggi pada keju dapat bermanfaat  untuk menurunkan berat badan.

Tetapi perlu kita ingat kalau kandungan lemak keju termasuk tinggi sehingga mengonsumsinya dalam jumlah banyak bisa menyebabkan berat badan naik.

 

 

5.Membantu menurunkan tekanan darah

Bagi orang yang mengonsumsi lebih banyak keju dapat memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Kalsium pada susu dapat membantu menurunkan tekanan darah akan tetapi mengkonsumsinya jangan berlebihan, sebab keju kaya akan lemak dan natrium.

Contoh keju rendah sodium antara lain yaitu keju Swiss. Sedangkan contoh keju rendah lemak adalah keju cottagericotta, parmesan, feta, keju dari susu kambing, dan keju krim rendah lemak.

 

6.Baik untuk kesehatan sel tubuh

Kandungan protein sangat kita butuhkan untuk proses membentuk dan memperbaiki sel dalam tubuh. Oleh karena itu mengkonsumsi keju yang kaya protein tentunya baik untuk sel tubuh yang ada dalam tubuh kita.

Salah satu jenis keju yang paling terkenal adalah keju cheddar dalam porsi satu ons mengandung sekitar 7 gram protein. Kebutuhan protein setiap orang dapat berbeda tergantung usia, ukuran, dan tingkat aktivitasnya.

Pastikan juga kita untuk memenuhi asupan protein yang sesuai dengan kebutuhan.

 

7.Mencegah gigi berlubang dan karies gigi

Mencegah gigi berlubang sama halnya dengan kesehatan tulang. Karena kandungan kalsium pada keju juga sangat berperan penting dalam kesehatan gigi terutama dalam pembentukan gigi.

Jika kita mengonsumsi keju juga dapat meningkatkan tingkat pH pada plak gigi, sehingga dapat mencegah terjadinya gigi berlubang.

 

BACA JUGA:Ini Dia Berbagai Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Nangka  

Demikian pembahasan kita mengenai 7 manfaat keju untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: