Inilah 7 Jenis Keju Termahal di Dunia, Harganya Capai Ratusan Dolar!

Inilah 7 Jenis Keju Termahal di Dunia, Harganya Capai Ratusan Dolar!

Ilustrasi Jenis Keju Termahal Di Dunia--pinterest

DISWAYJATENG.ID - Keju menjadi bahan makanan favorit bagi sebagian orang yang sering dicampurkan ke beberapa jenis hidangan. Selama ratusan tahun lamanya, beberapa produsen keju dari berbagai negara di Eropa telah berlomba-lomba untuk menciptakan jenis keju berkualitas tinggi dengan cara pengolahan yang unik dan rumit.

Nantinya keju-keju tersebut akan dijual dengan harga tinggi untuk dijadikan hidangan-hidangan mewah. Memiliki stok yang sangat terbatas serta terbuat dari berbagai jenis susu hewan seperti rusa, keledai dan sapi.

Dilansir dari beberapa sumber, inilah 7 jenis keju paling mahal di dunia yang dibanderol dengan harga fantastis.

1. Keju Pule

Keju Pule berasal dari Serbia dan menjadi keju termahal di dunia.  Rata-rata, Pule berharga sekitar $600 per kilogram. Pule bisa mahal karena kelangkaan salah satu bahannya yakni susu keledai Balkan yang membentuk 60% keju Pule.

Sayangnya, saat ini keledai Balkan hanya memiliki sekitar 100 betina, tidak semuanya menyusui pada waktu tertentu. Karena dibutuhkan 25 liter susu untuk membuat satu kilogram Pule, maka harga keju Pule jadi sangat mahal.

Keju Pule juga hanya dibuat di daerah asal keledai Balkan, Cagar Alam Zasavica di Serbia.

2. Keju Moose

Keju Moose ini berasal dari salah satu desa kecil di negara Swedia yang dibuat oleh industri rumahan. Keistimewaannya adalah keju ini terbuat dari susu seekor moose atau rusa liar yang berukuran besar.

Peternakan rusa liar menjadi sumber susu untuk dijadikan keju yang setiap tahunnya diproduksi sekitar 270 kg saja.

Harga yang harus dibayar oleh Anda jika ingin membelinya adalah US$455 atau setara dengan Rp6.730.542 untuk setiap 500 gram.

3. Keju White Stilton Gold

Satu pon White Stilton Gold dijual dengan harga US$400. Keju yang berasal dari pedesaan Inggris ini terbuat dari susu sapi.

Namun, karena di dalamnya terdapat campuran kayu manis serta serpihan emas yang berkilau, harga keju ini dapat melambung. Keju ini merupakan buatan produsen susu asal Inggris Long Clawson pada 1911.

4. Wyke Farms Cheddar

Keju Cheddar ini termasuk yang sangat istimewa cita rasanya sehingga banyak digunakan di restoran-restoran mewah. Cara pembuatannya yang membutuhkan waktu untuk matang selama berbulan-bulan menjadikan keju ini semakin lezat.

Keistimewaannya yaitu keju ini bisa meresap ke dalam masakan sehingga membuat makanan semakin nikmat. Harga untuk memperolehnya termasuk mahal yakni mencapai US$200 atau setara Rp2.958.480 untuk setiap 500 gram.

BACA JUGA:Fantastis! Inilah 7 Jenis Jamur Termahal di Dunia, Harganya Bikin Melongo

5. Keju Extra Old Bitto

Keju ini merupakan andalan dari peternak sapi dari Negara Italia yang menggunakan teknik pembuatan khusus. Salah satunya adalah dengan mencampurkan susu kambing sebesar 10% untuk membuat keju ini.

Waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi keju ini cukup lama sehingga hasilnya pun menjadi istimewa.

Kualitasnya yang memang papan atas membuatnya termasuk sebagai keju termahal di dunia. Harga keju ini yaitu US$150 atau setara Rp2.218.860 setiap 500 gram.

6. Keju Cabrales

Keju Cabrales adalah keju mahal di dunia setelah dilelang pada tahun 2018 lalu. Pada tahun itu, keju Cabrales seberat 2,62 kg terjual seharga $16.000 dan masuk ke Guinness Book of World Records sebagai keju termahal di dunia yang pernah dijual di pelelangan.

Cabrales berasal dari Spanyol, para peternak sapi perah komune membuat keju dari susu kambing dan domba dan menggunakan metode tradisional yang diturunkan dari generasi sebelumnya.

7. Keju Rogue River Blue

Keju termahal di dunia selanjutnya adalah keju bernama Rogue River Blue. Keju yang diberi nama sesuai tempatnya di Oregon ini merupakan olahan susu sapi yang dibuat dalam waktu satu tahun sekali selama musim gugur.

Satu hal yang membuat keju Rogue River Blue ini menjadi unik adalah proses pembuatannya yang melibatkan tahap pembungkusan keju dengan daun anggur yang dibasahi pear spirit pada umur kematangan 11 bulan.

Proses tersebut menciptakan rasa unik dari keju. Apabila ingin mencoba Rogue River Blue, seseorang harus membayar $75 untuk setiap pon.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber