Ini Dia Berbagai Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Nangka

Ini Dia Berbagai Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Nangka

Ini Dia Berbagai Manfaat Kesehatan Ketika Kita Mengkonsumsi Buah Nangka -disway jateng-

DISWAYJATENG.ID  Buah nangka memiliki tekstur kulit sedikit berduri dan berwarna hijau kekuningan dan dagingnya berwarna kuning menjadi khas buah nangka. Mengkonsumi buah nangka sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Maka dari itu kali ini kita akan membahas berbagai manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh kita, antara lain:

 

1.Mencegah masalah kulit

Pada buah nangka memiliki beberapa nutrisi dan antioksidan seperti vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan pada kulit.  Kandungan vitamin C yang tinggi dalam nangka juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari atau sinar ultraviolet.

Untuk menjaga kulit kita agar tetap kencang dan kuat perlu banyak nutrisi, dan nangka mengandung berbagai nutrisi yang kita butuhkan.

 

2.Baik untuk kesehatan pencernaan

Manfaatnya baik buah maupun biji memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan karena kandungan nutrisi yang pada dalamnya. Buah nangka merupakan sumber serat larut dan tidak larut yang baik bagi tubuh.

Sebagai sumber serat yang baik buah nangka juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat membantu menjaga siklus buang air besar tetap teratur.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyatakan bahwa serat larut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Bahkan memperlambat penyerapan karbohidrat ke dalam aliran darah.

Oleh karena itu serat larut baik untuk mencegah lonjakan glukosa darah setelah makan.

Kandungan serat dalam buah nangka juga kita sebut dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker usus besar.

Bahkan tidak hanya itu biji buah nangka juga mengandung prebiotik yang bagus untuk bakteri baik pada usus.

 

3.Mempercepat penyembuhan luka

Karena sebagai sumber vitamin C yang baik buah nangka merupakan antioksidan kuat yang penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C pada buah nangka dapat membantu mencegah peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Tubuh kita juga membutuhkan vitamin C untuk memproduksi kolagen, protein yang penting guna menjaga kesehatan kulit. Bahkan juga untuk kesehatan tulang, dan jaringan ikat seperti pembuluh darah dan tulang rawan.

Selain itu kolagen juga sangat penting untuk penyembuhan luka yang ada dalam tubuh kita. Karena kandungan zat dengan sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada nangka.

Selain itu penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak daun nangka juga dapat meningkatkan penyembuhan luka yang ada dalam tubuh kita.

 

 

4.Dapat membantu mengatur kadar gula darah

Buah nangka bisa kita katakan memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat gula darah meningkat setelah kita mengonsumsi berbagai makanan.

Saat kita  mengonsumsi buah nangka tubuh akan mencerna dan menyerapnya relatif lebih lambat dari pada beberapa makanan lainnya. Gula darah tidak akan meningkat drastis dalam waktu singkat.

Salah satunya dalam studi juga telah menemukan bahwa ekstrak buah nangka membantu pasien diabetes untuk mengontrol gula darahnya. Kandungan buah nangka yang kaya akan serat mungkin menjadi alasan lebih lambatnya pencernaan tersebut.

Bahkan beberapa protein dalam buah nangka juga dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. Hal ini karena kandungan antioksidan flavonoid dalam buah nangka yang dapat mengatur kadar gula darah menjadi seimbang.

Flavonoid dapat mencegah kematian sel pada pankreas maupun organ yang memproduksi insulin. Penelitian lain menyataka ekstrak kulit pohon nangka memiliki bahan kimia yang dapat mencegah pemecahan lemak dan karbohidrat kompleks menjadi gula.

Peneliti menduga bahwa bahan kimia tersebut dapat berguna dalam mengelola penyakit diabetes.

 BACA JUGA:Ini Dia 4 Manfaat Untuk Kesehatan Ketika Kalian Mengkonsumsi Ini

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai manfaat buah nangka untuk kesehatan, semoga bisa bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: