Menikmati Lezatnya Makanan Khas Soto Tauco Tegal yang Legendaris

Menikmati Lezatnya Makanan Khas Soto Tauco Tegal yang Legendaris

Soto Khas Tegal--by.bintang asik

DISWAYJATENG.ID - Menikmati Lezatnya Makanan Khas Soto Tauco Tegal yang Legendaris. Apabila Anda berkunjung ke Kota Tegal belum lengkap rasanya tanpa mencoba dan mencicipi aneka kuliner khasnya. Dengan beragam menu makanan ada kupat glabed, kupat blengong, kupat bongkok, ponggo setan, sate, tahu aci, teh poci, soto dan kuliner lainnya.

Tersedia pula soto yang rasanya memang enak dan dan bikin lidah ini ketagihan serta hanya ada di Tegal, sebut saja namanya Soto Tauco. Kuliner yang satu ini, terdiri dari nasi, tauge, daun bawang, bawang goreng dan daging. Dengan menggunakan daging berupa daging sapi, ayam ataupun jeroan (Usus dan babad).

BACA JUGA: Nikmatnya Soto Tauco Khas Tegal, Makanan yang Sedap Nikmat dan Menggugah Selera

Dari seluruh bahan yang ada tersebut mencampurnya  menjadi satu dalam sebuah mangkuk setelah itu menyiramnya dengan kuah kaldu yang masih panas. Setelah itu baru kemudian menambahkan tauco yang menjadikan kuliner yang satu ini bertambah gurih dan lezat.

Menikmati Lezatnya Makanan Khas Soto Tauco Tegal yang Legendaris

Lokasinya yang berada pada sekitar Alun-alun Kota Tegal, kuliner yang satu ini mudah sekali menemukannya. Salah satunya, Warung Makan Moro Tresno H Caup Gendut yang terletak sebelah utara Masjid Agung Kota Tegal. Tepatnya pada belakang Pos Polisi utara Alun-alun Kota Tegal.

Karena lokasinya yang mudah mencarinya segeralah mampir untuk menikmati kuliner khas satu ini. Tempatnya memang berada pada sudut pasar Senggol yang merupakan kompleks kuliner.  Dengan semangkuk soto tauco yang begitu menggoda lidahpun segera datang menghampiri meja yang ada.

Aroma tauco yang khas, dengan kuah santan yang kental menambah rasa gurih dan selera untuk menyantapnya. Soto tauco ini memang berbeda dengan sauto yang lainnya, bila soto lainnya ini identik dengan kuah bening. 

BACA JUGA: Wajib dicoba Nikmat dan Gurihnya Sate Blengong Tegal

Namun untuk soto Tauco Tegal ini kuah nya bewarna coklat pekat khas aroma tauco dengan rasa yang nikmat dan khas. Serta Tauco ini bisa anda nikmati dan mencobanya hanya ada apabila berada dan mampir ke Tegal.

Menurut Cahyo Bayu Kusumo (36), Warung Makan Moro Tresno H Caup Gendut sudah ada sejak 1970an yang merintisnya adalah Muhammad Ghufron Ridho. 

Caup ini merupakan panggilan akrab Ghufron. “ Dan Dulunya, Bapak sering dengan panggilan Ghuf, Ghuf akhirnya banyak yang menyapanya "Caup". Kalau istilah “Gendut”, memang Bapak itu badannya gendut (Gemuk-red)”, Ujar Cahyo mengawali obrolan.

Selanjutnya Suami dari Yusnaini Zulfarida (33) anak ketiga H. Caup Gendut itu menceritakan soto tauco itu sebenarnya sama dengan soto-soto pada daerah lain.  Tetapi, ini terdapat sambal tauco yang menjadikan soto khas Tegal ini berbeda dengan soto lainnya. “Untuk soto Tegal itu ditambahkan tauco’, katanya mengawali obrolan.

Proses dari pembuatan Tauco-nya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kumparan