Karimunjawa Selalu Menjadi Pilihan Utama Traveler, Ini Tips Yang Harus Kamu Ketahui Jika Berkunjung Kesana!

Karimunjawa Selalu Menjadi Pilihan Utama Traveler, Ini Tips Yang Harus Kamu Ketahui Jika Berkunjung Kesana!

Berayun Diatas Air--Karimunjawa

9. Berbaurlah Dengan Warga Lokal Karimunjawa

 

Dengan berinteraksi bersam penduduk lokal, banyak pelajaran dan hal yang baru yang bisa kita dapat. Penduduk Karimunjawa sangat ramah dan terbuka kepada kami para wisatawan, tidak jarang kami di ajak ngobrol dan bercanda.

Karena saya dan rombongan traveling tanpa tur, kami dapat bebas mengatur jadwal dan mendatangi tempat yang kami mau tanpa batasan waktu. Dengan begini kami juga bisa lebih bebas berinteraksi dan berbaur dengan penduduk lokal. Saat hari ke-3 di sana kami bertemu dengan Mas Ipul. Ia bersedia menemani kami menjelajahi pulau dan mengantar kami ke tempat-tempat khas Karimunjawa -hutan Mangrove, Bukit Love, Bukit Joko Tuo, dan masih banyak lagi.

Berbaur dengan penduduk lokal dan merasakan kehidupan mereka akan membuat kita merasakan dan mendapat pengalaman sesungguhnya dari sebuah perjalanan. Kami lihat masyarakat Karimunjawa memiliki keinginan yang kuat untuk maju, begitu juga menurut Mas Ipul yang menjadi saksi kemajuan Karimunjawa dari akhir tahun 90-an. Saat ini wisatawan mancanegara mulai mendominasi wisatawan lokal, saya pribadi salut melihat antusaisme turis luar ini dalam menikmati keindahan negeri kita.

Namun dengan pesatnya pembangunan hotel dan resort, perluasan bandara, perusahaan tur dan travel yang semakin merajalela dari tahun ke tahun, saya harap keasrian wilayah ini, baik dalam segi alam ataupun kebudayaannya masih dapat terus terjaga sampai kedepannya.

 

10. Tips Paling Penting

Singkirkan semua alat elektronik, just breathe in the fresh air and enjoy the beauty of Karimunjawa!

 

Demikian, beberapa tips yang bisa kamu ketahui jika ingin traveling ke Karimunjawa. Kemana pun tujuan kamu, tetap selalu berdoa kepada tuhan yang maha esa agar selalu diberikan keselamatan dan kesehatan selama perjalananmu. Sekian.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tips traveling karimunjawa