Bila Mampir ke Tegal, Jangan lupa Beli dan Membawa Oleh-oleh Khas Tegal Ini

Bila Mampir ke Tegal, Jangan lupa Beli dan Membawa Oleh-oleh Khas Tegal Ini

Kacang bogares khas Tegal--By Fb

5.Kerupuk Antor

Proses pembuatan kerupuk antor ini  menggunakan pasir tanpa minyak, dan  bahan dasar ubi kayu atau singkong. Adonan singkong dengan memotongnya  tipis-tipis dan menjemurnya  sampai kering. Lalu adonan kerupuk  memasaknya  menggunakan pasir dalam wajan besar. 

Dan Kerupuk antor ini  sama sehatnya dengan kacang bongares. 

6. Olos 

Menu yang khas Kota Tegal yaitu olos. Makanan ringan khas Tegal ini mempunyai rasa gurih dan pedas. Olos yang berbentuk bulat dan  berwarna coklat. Awal mulanya  isian dalam olos berupa potongan kol dan cabai. 

Namun, Kini isian dalam olos beraneka macam ada telur puyuh, bakso, ayam, sosis, sampai keju. 

7.Tahu Pletok

Kuliner tahu khas kota Tegal ini selanjutnya yaitu tahu pletok. Tahu ini kelihatan seperti tahu goreng biasa. Namun, bahan baku tahu ini menambahkannya dengan  tepung tapioka. Dengan ukuran tahu pletok lebih lebar dari tahu goreng biasanya.

8.Pilus 

Pilus ini biasanya menjadi makanan pendamping nasi dan lauk. Pilus yang berukuran kecil, dan bentuknya bulat, serta warnanya putih. Dengan rasa gurih dan bertekstur renyah saat kita kunyah dari pilus yang berasal dari daun bawang dan bumbu penyedap. 

Untuk bahan membuat pilus adalah tepung terigu, bumbu, daun kucai,jang ketinggalan tepung kanji.Selain sebagai pendamping  untuk nasi dan lauk, biasanya juga sebagai teman ketika makan bakso dan mie.

Itulah ulasan tentang jajanan oleh-oleh khas Tegal yang cocok untuk kita jadikan karena terkenal lezat dan murah. Pastikan  Anda Coba sewaktu mampir Ke Tegal jangan lupa ya! (*)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: