Ini Dia 5 Kuliner yang Harus Kalian Coba Ketika Berada Di Pekalongan!

Ini Dia 5 Kuliner yang Harus Kalian Coba Ketika Berada Di Pekalongan!

Ini Dia 5 Kuliner yang Harus Kalian Coba Ketika Berada Di Pekalongan!-disway jateng-

DISWAYJATENG.ID Pekalongan adalah satu wiyalah yang berada pada Jawa Tengah, kota ini terkenal dengan batiknya sehingga menjadi ciri khas Pekalongan. Walaupun terkenal dengan batiknya, ada berbagai macam kuliner yang harus kalian coba ketika pergi ke kota ini.

BACA JUGA:Ini Dia Resep Membuat Rawon, dijamin Enak!

Pergi ke Kota Pekalongan rasanya ada yang kurang pas apabila tidak mencicipi kuliner legendarisnya yang menjadi ciri khas. Seperti soto tauto, nasi megono, daging capit maupun garang asem dan semuanya enak dan harganya sangat terjangkau. 

Berikut ini adalah 5 kuliner yang harus kalian coba ketika mengunjungi Pekalongan, antara lain:

1.Sego Rakyat Mbak Ibah

Menu utama yang jadi incaran pada tempat ini adalah nasi megono khas Pekalongan. Nasi megono adalah nasi yang kita sajikan dengan sayur nangka muda gurih dengan aneka lauk yang ada pada dalamnya.

Tempat ini juga banyak menu lain seperti nasi campur atau rames, garang asem dan menu makanan lain yang enak.  Tempat ini mendapat julukan warung rakyat karena harga makanan pada tempat sangat terjangkau.

Meskipun terkenal dengan harganya yang murah namun semua makanannya juga enak tempat ini berlokasi pada Jalan Teratai nomor 81, Poncol, Pekalongan.

 

2.Soto Tauto Pak Tjarlam

Makanan ini mendapat julukan soto tauto tertua pada Pekalongan, dan ternyata soto tauto Pak Tjarlam sudah buka sejak tahun 1960. Hingga saat ini cita rasa soto tauto ini tak pernah berubah.

Dagingnya yang empuk dan tersedia beberapa pilihan jenis daging yang bisa kita pilih, mulai dari daging sapi, kambing, dan ayam. Untuk satu porsi soto tauto segar harganya Rp25.000 saja, dan kalian bisa datang ke sini mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Tempat ini berlokasi pada Jalan Ahmad Yani Tim 51129 Sugih Waras Pekalongan Jawa Tengah.

 

3.Nasi Uwet H. Zarkasi

Apabila mencari kuliner nasi uwet legendaris pada Pekalongan, jangan lupa mampir ke warung nasi uwet Haji Zarkasi yang sudah buka sejak tahun 1959. Menu nasi uwet pada tempat ini memiliki cita rasa gurih.

Apabila kalian belum tahu nasi uwet adalah nasi yang kita hidangkan dengan olahan jerohan dan daging kambing. Selain itu juga terdapat olahan daging lain seperti sate, limpa, sate capit, dan serundeng. 

Bahkan tidak hanya itu saja ada pula aneka olahan telur cokelat, balado, dan gepeng juga yang tersedia pada tempat ini. Jam buka warung ini dari jam 05.00-22.00 WIB dan berlokasi pada Jalan Sulawesi nomor 25, Kergon, Pekalongan.

 

4.Soto Tauto Haji Kunawi

Selain Soto Tauto Pak Tjarlam, ada Soto Tauto milik Haji Kunawi yang juga sudah buka sejak lama yaitu tahun 1970. Ciri khas kuah kental dan rasa tauco yang kuat membuat soto ini banyak terminati oleh pengunjung. 

Meskipun lokasinya cukup tersembunyi pada Gang 5 Klego Pekalonga. Namun pada kedai soto tauto yang buka dari jam 08.00-16.00 WIB ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Harga satu porsi soto tautonya adalah Rp20.000 saja dan berlokasi pada gang 5 Klego, Kecamatan Pekalongan.

 

5.Garang Asem H. Masduki

Terakhir bukan hanya memiliki tempat makan soto tauto saja Pekalongan juga banyak kuliner lainnya. Seperti terdapat rumah makan garang asem legendaris milik H. Masduki.

Tempat ini berbeda dari garang asem khas Jawa lainnya, pada tempat ini kuahnya berwarna kehitaman dan tak menggunakan santan. Saat kita santap terasa segar kuahnya karena menggunakan belimbing wuluh. 

Menu makanan ini wajib banget kita cicipi saat ke Kota yang terkenal akan batiknya ini yaitu pekalongan. Sedanglan untuk harganya cukup terjangkau, yaitu Rp28.000 saja untuk satu porsi garang asemnya.

Jam bukanya mulai dari jam 07.00-21.00 WIB dan berlokasi pada Jalan Jenderal Sudirman nomor 169 Kebulen, Pekalongan.

Demikian pembahasan kita mengenai berbagai kuliner yang berada pada Daerah Pekalongan, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: