Diduga dari Selang Gas yang Bocor, Api Lalu Membakar Rumah Warga di Purbayasa Tonjong

Diduga dari Selang Gas yang Bocor, Api Lalu Membakar Rumah Warga di Purbayasa Tonjong

Petugas damkar dibantu warga menyemprotkan air untuk memadamkan api yang menghanguskan rumah Mahmud.--

BREBES, DISWAYJATENG- Diduga akibat kebocoran selang gas, rumah Mahmud, 75, Desa Purbayasa, Kecamatan Tonjong ludes terbakar, Jum'at (9/6) sore. 

Insiden tersebut, terjadi sekitar pukul 16.10 WIB saat merebus air. 

Kebakaran yang menghanguskan rumah tukang kayu itu, kali pertama diketahui Awaludin, 37, tetangga pemilik rumah.

BACA JUGA:Marak Musibah Kebakaran di Kabupaten Tegal, Warga Diminta Waspada

Awalnya, saksi melihat kepulan asap tebal dari bagian dapur rumah Mahmud, yang berprofesi sebagai tukang kayu. Namun, karena banyaknya material mudah terbakar api cepat menjalar dan semakin membesar.

Kobaran api dengan cepat membesar karena banyak material dapur yang mudah terbakar. Akibatnya, bagian dapur dan sebagian bangunan rumah Mahmud ludes terbakar.

BACA JUGA:Arena Judi Sabung Ayam di Grinting Brebes Akhirnya Dibakar Aparat

Kapolsek Tonjong Iptu Teguh Adi Winarko saat dikonfirmasi, membenarkan terjadinya insiden kebakaran yang menghanguskan dapur milik Mahmud. Tepatnya, di RT 4/ 1 Desa Purbaya, Kecamatan Tonjong tersebut.

"Keterangan dari pemilik rumah, niatnya merebus air untuk membuat air hangat. Tapi, tidak tahu kalau selang gasnya bocor sehingga menyambar kompor," jelasnya saat dikonfirmasi Radar Tegal.

BACA JUGA:Gudang Toko Gerabah di Pemalang Terbakar Hebat, Begini Hasil Penyelidikannya

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, lanjut Teguh, korban pemilik rumah mengalami kerugian. Yakni, berkisar Rp 30 juta akibat perabotan dan sejumlah perkakas yang hangus terbakar. Bahkan, untuk sementara korban menumpang tinggal di rumah anaknya.

"Proses pemadaman api, membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Beruntung, titik api bisa diminimalisir sebelum akhirnya mobil damkar datang," ujarnya.

Teguh Adi Winarko menambahkan, mengantisipasi terjadinya kebakaran kembali terjadi. Masyarakat, diminta lebih waspada dan teliti saat memasak di dapur.

Terlebih, saat kondisi rumah jangan sampai kosong (ditinggal-red) saat kompor dalam kondisi menyala. Bahkan, jika ada kebakaran masyarakat diminta segera lapor ke pemdes atau langsung Damkar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: