Gudang Toko Gerabah di Pemalang Terbakar Hebat, Begini Hasil Penyelidikannya

Gudang Toko Gerabah di Pemalang Terbakar Hebat, Begini Hasil Penyelidikannya

Gudang Toko Basa Putri terbakar hebat, mengakibatkan barang-barang plastik ludes terbakar--

PEMALANG, DISWAYJATENG.ID - Sebuah gudang toko Basa Putri yang menjual gerabah peralatan dapur dan barang pecah belah di Jalan Jenderal Sudirman Pemalang terbakar, Senin. (5/6) 2023 sekitar pukul 11.30 WIB.

Gudang yang terletak di sebelah barat atau sekitar 500 meter dari toko Basa Putri atau depan Toko Basa Putra Pemalang tersebut terbakar hebat, hingga bagian depan dan tengah gudang tersebut ludes terbakar.

Menurut salah satu saksi Nurohman, menuturkan, saat itu gudang yang dari depan nampak seperti toko dalam keadaan tertutup. namun dilihat dari jauh nampak ada api menyala di dalam. karena penasaran, iapun mendekati dan mngintip api tersebut dari celah-celah pintu dan ternyata api semakin membesar.

"Proses ada api sampai api membesar hingga membakar gudang tidak ada 10 menit," ujar Nurohman.

Staf Pemadam Kebakaran Satpol PP Pemalang Eko Budiarto menyampaikan, kebakaran terjadi begitu cepat, namun personil Damkar Pos Pemalang dibantu dari BPBD dan unit pemadam kebakaran sebanyak 4 unit, terdiri dari Pos Comal 2 init dan pos Pemalang 2 unit langsung bergerak cepat sehingga dalam waktu tidak terlalu lama api dapat dipadamkan.

"Kami mengerahkan 10 personil dari Damkar dan 2 dari BPBD dan dalam waktu 1 jam api dapat dipadamkan," kata Eko. 

Menurutnya, ada kendala dalam proses pemadaman, yakni karena bangunan terdiri dari 2 lantai sehingga petugas harus naik keatas untuk memastikan semua titik api sudah padam. Barang yang ikut terbakar diantaranya semua barang yang berbahan plastik.

"Penyebab terjadinya kebakaran masih menunggu pihak kepolisian masih dalam proses investigasi," terangnya.  

Sementara itu Kapolsek Pemalang Kota AKP M.Ghufron melalui Wakapolsek Ipda Masrun menambahkan, kejadian kebakaran masih dalam proses penyidikan petugas. Pihaknya belum berani menyampaikan penyebabnya. Jika nanti sudah ada kejelasan dari hasil olah TKP dan keterangan dari para saksi akan disampaikan lebih lanjut. "Kerugian materi juga masih dihitung," jelas Masrun 

Disampaikan, dampak terjadinya kebakaran tersebut, jalan Jenderal Sudirman dari arah timur mulai pertigaan traffic light Compo atau TipTop, dialihkan ke selatan, sementara kendaraan dari arah barat mulai pertigaan Jl.Wijaya, juga dialihkan ke utara melalui Jl.Wijaya. Halnitu untuk memperlancar arus lalulintas dan untuk menjamin proses pemadaman berjalan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: